PSM Jumat Berkah Desa dibal Peduli ODGJ, Kaum Difabel, Keluarga DTKS dan Lansia

BERANDA

Saat PSM Jumat Berkah berbagi bersama Kepala Dinas sosial Boyolali dalam rangka donor darah HUT Tagana

Suprihatin Pekerja Sosial Masyarakat Jumat Berkah Desa Dibal, saat di temui di kantornya, selasa (06/04/2021)

 

Boyolali, Hari Jumat adalah hari baik yang mulia di sisi Allah dan memiliki banyak keistimewaan.

Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi). Hari Jumat merupakan momentum persatuan umat Islam.

Dalam Islam semua hari memang dianggap baik. Akan tetapi ada satu hari yang dianggap paling baik, yakni Jumat. Keutamaan hari Jumat juga telah disabdakan oleh Nabi, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.

Untuk itu Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Jumat Berkah Desa Dibal Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah, mengadakan jumat berkah dengan berbagai kegiatan.

Budi Setyo Kades Dibal Pelopor PSM Jumat Berkah, saat ditemui di kantor desa, selasa (06/04/2021)

 

Di temui di Base Camp PSM Jumat Berkah tepatnya sebelah selatan Kantor Desa Dibal, Suprihatin selaku sekretaris PSM tingkat kabupaten, untuk tingkat desa sebagai zona utara mengatakan, kegiatan jumat berkah di desa dibal menyasar kepada penyandang difabel, lansia, Orang Dalam Ganngguan Jiwa (ODGJ), dan keluarga Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Awal mula pelopor kegiatan ini adalah Bapak Budi Setyo selaku Kades Dibal, waktu itu di mulai dengan mengadakan kegiatan jumat berkah dengan membagi sembako, hingga masyarakat banyak yang bertanya, dan akhirnya banyak yang peduli untuk menjadi donatur, ” Jelas Ketua PKK desa dibal ini, Selasa (06/04/2021)

Masih kata Suprihatin, untuk. Kegiatan PSM Jumat berkah terbagi empat sektor pengurus, agar mudah dalam melayani. Yakni di sektor barat Ali Murtono, sektor timur Reno Adi, Spd, untuk sektor selatan Kusumawati. Sementara Suprihatin sendiri di sektor Utara.

“Kegiatan sosial ini dibagi menjadi empat sektor agar pengambilan sedekah dari para donatur menjadi mudah, ” Jelas Aktifis yang juga melayani kursus menjahit gratis ini.

Saat bercerita suka dan duka dalam kegiatan sosial ini Suprihatin menyatakan, sudah menjadi niatnya untuk berkecimpung di bidang sosial ini, dia tak menampik jika kegiatan ini murni untuk kemanusiaan.

“Jika mengukur uang sebagai pemasukan pribadi, kegiatan ini tidak ada gaji. Ya namanya pekerja sosial harus ihklas lahir dan batin, ” Terang Suprihatin.

Lebih lanjut, Suprihatin juga pernah mengalami ketegangan dengan keluarga dari salah satu desa di kecamatan ngemplak, yakni ada ODGJ yang terlantar di desa dibal, kala itu dia bersama teman seperjuangan di PSM Berkah Jumat Desa Dibal membantu ODGJ yang trauma dengan masa lalunya.

“Kala itu ada ODGJ di wilayah desa dibal, yang tak terurus minum air sembarangan, dengan menyiduk limbah air pabrik tahu, kemudian kami koordinasikan dengan dinas sosial untuk dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Surakarta, ” Ujar Suprihatin.

“Namun pihak keluarga menolak dan tidak di ijinkan karena terkait biaya, kemudian kita jelaskan sudah ada biaya hingga akhirnya ketua RT pun juga ikut menjelaskan dan meminta solusi terbaik pula, “ungkap Guru TPA dan sekretatis pengajian lingkungan desa dibal ini.

Saat ditanya sejauh mana kegiatan ini berjalan Suprihatin menjelaskan, sudah berjalan sejak 2019 tahun lalu sebelum ada pandemi covid 19, untuk kedepan akan di kembangkan hingga ke desa lainnya di kecamatan ngemplak.

“Kami sudah dapat rekomendasi dari Bupati Boyolali berupa SK, sebagai pekerja sosial masyarakat bekerja sama dengan dinas sosial, ” Tukasnya.

Sementara di waktu yang sama Kades Dibal Budi Setyo menyampaikan, kegiatan PSM Jumat Berkah Desa Dibal memiliki Kantor di sebelah kantor desa dibal, pihaknya sangat mendukung sekali kegiatan ini.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada para pengurus PSM Jumat Berkah, dan para donatur baik warga dibal maupun dari warga desa lain, semoga kegiatan sosial ini bisa membuat lebih baik lagi bagi para lansia, kaum Difabel, ODGJ maupun keluarga DTKS, ” Pungkas Kades dua periode ini. (Red)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.