Membuka Tirai Kebenaran

RESI (Relawan Semut Ireng Indonesia), Siap Melayani Kemanusiaan

2 min read

Lintasindonews.com, Sebuah komunitas Search and Rescue (SAR) yg terbentuk atas prakarsa Heri Suwita Negara dari relawan PSHT untuk semut ireng .

                    Gambar ilustrasi Edot

Istilah SAR telah digunakan secara internasional tak heran jika sudah sangat mendunia sehingga menjadi tidak asing bagi orang di belahan dunia manapun tidak terkecuali di Indonesia.

Operasi SAR dilaksanakan tidak hanya pada daerah dengan medan berat seperti di laut, hutan, gurun pasir, tetapi juga dilaksanakan di daerah perkotaan. Operasi SAR seharusnya dilakuan oleh personal yang memiliki ketrampilan dan teknik untuk tidak membahayakan tim penolongnya sendiri maupun korbannya.

Sementara Operasi SAR dilaksanakan terhadap musibah penerbangan seperti pesawat jatuh, mendarat darurat dan lain-lain, sementara pada musibah pelayaran bila terjadi kapal tenggelam, terbakar, tabrakan, kandas dan lain-lain. Demikian juga terhadal adanya musibah lainnya seperti kebakaran, gedung runtuh, kecelakaan kereta api dan lain-lain.

Terhadap musibah bencana alam, operasi SAR merupakan salah satu rangkaian dari siklus penanganan kedaruratan penanggulan bencana alam. Siklus tersebut terdiri dari pencegahan (mitigasi) , kesiagaan(preparedness), tanggap darurat (response)dan pemulihan (recovery), dimana operasi SAR merupakan bagian dari tindakan dalam tanggap darurat.

Yang merupakan kegiatan kemanusiaan yang dilakukan secara suka rela dan tanpa pamrih dan merupakan kewajiban moril bagi setiap individu yang terlatih untuk melakukan pertolongan terhadap korban musibah secara cepat, tepat dan efisien dengan memanfaatkan sumber daya/potensi yang ada, baik sarana dan prasarana maupun manusia yang ada.

Berdiri 22 November 2008 di kab.sragen.adapun tujuan didirikannya RESI adalah sebagai wadah silaturahim warga PSHT dan juga untuk mewujudkan suatu ajaran dalam menjaga dan mengabdikan diri kepada alam semesta dan sesama.(hamemayu hayuning bawono).

Adapun kegiatan dari RESI adalah Kemanusiaan dan tanggap bencana.seperti contoh pengobatan gratis,donor darah,berbagi dg kaum dhuafa,evakuasi korban bencana, bersih gunung,bahkan membantu mengexplore destinasi-destinasi wisata yang berpotensi tapi masih belim dikenal masyarakat luas

Kontributor : Edot

Editor            : Rian Hepi

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social