Membuka Tirai Kebenaran

Riwayat Kelam Axl Rose Vokalis Guns N’ Roses

5 min read
Axl Rose saat masih muda

Grup musik Guns N’ Roses asal Amerika Serikat, tampil di stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Tepatnya, mereka akan memeriahkan panggung Jakarta dalam tur Asia pada 8 November 2018 malam nanti. Istimewanya, kali ini Guns N’ Roses tak hanya menampilkan Axl Rose (vokal) sebagai personel lawas. Tiga anggota lama lainnya yakni Slash (gitar), Duff McKagan (bass), dan Dizzy Reed (keyboard) akan turut memeriahkan panggung.

Namun rasanya tidak asyik jika tidak mengulas riwayat kelam sang vokalisnya Axl Rose. Mau tahu? Ini dia.

“”Begundal LA yang satu ini , Sejak Remaja Sudah Nakal…Axl masuk ke dalam penjara setidaknya 20 kali di Indiana. Dilahirkan dengan nama William Bruce Rose,Jr, pria kelahiran 6 Februari 1962 ini akhirnya dikenal dengan nama Axl Rose. Rose selalu mengambil peran besar sejak pertama kali membentuk band, Hollywood Rose hingga Guns N’ Roses.

Kelakuannya yang urakan, sempat terjerembab dengan narkotika dan minuman keras, selalu terlambat jika konser hingga menuntut pelayanan adalah sejumlah kelakuan Rose.nama Axl Rose selama ini dikenal sebagai pemimpin sekaligus pendiri Guns N’ Roses (bersama Tracii Guns pada tahun 1985). Sosok Axl di tubuh GNR begitu dominan, dia yang mengatur semua alur cerita setiap GNR “memulai pertualangannya”.

Axl Rose mempunyai sifat otoriter, egois, dan dengan emosi yang meledak-ledak. Tak jarang teman-teman sebandnya terkena semprot “kebengisan” Axl. Oleh sebab itulah Guns N’ Roses bubar, karena teman sebandnya sudah tidak tahan lagi atas perilakuan Axl yang mau menang sendiri. Ada yang mengundurkan diri, ada yang dipecat, dan ada juga yang keluar dikarenakan beda pendapat dengan Axl mengenai ke mana selanjutnya arah music GNR.

Di Guns N’ Roses, Axl merupakan pencipta dan penulis lagu. Axl diberkahi kemampuan bisa mengubah suaranya hingga tiga kali saat bernyanyi dan juga bisa bernyanyi sambil berlari ke sana kemari, sebuah ciri khas Axl dengan GNR-nya yang tak bisa digantikan vokalis manapun seandainya dia keluar dari band. Tapi, bukan berarti dia saja yang terpenting di tubuh Guns N’ Roses. Satu lagi sosok yang terpenting di GNR adalah sang gitaris GNR, Slash. Menurut para penggemarnya: “Guns N’ Roses sama dengan Slash. Tanpa Slash, GNR sama seperti kehilangan “Guns-nya”. Dialah warna GNR yg sesungguhnya dengan lantunan supernya dan dengan cara dia memainkan gitar”. Ia sempat diramalkan mati muda. Entah overdosis, entah bunuh diri. Ia memang dikenal punya mood swing yang parah, sejumlah orang dekatnya menyebut Axl menderita depresi mania. Tapi Axl Rose masih terus berdiri hingga sekarang. Oke, perutnya membuncit dan rambutnya menipis. Suaranya, meski sempat hilang entah ke mana, perlahan kembali dan mengingatkan orang akan suara dari band paling berbahaya di dunia.

Tanggal 6 Februari 2018 Axl berusia 56 tahun. Di usia yang menuju kepala enam, ia seperti mulai bisa berdamai dengan dirinya sendiri. Yang paling penting: ia bisa berdamai dengan Slash dan Duff, dua orang rekannya di Guns N Roses yang pernah dimusuhi selama dua dekade lebih.

Kembali rukunnya tiga orang ini membuat Guns N Roses kembali berada di dalam sirkuit band rock terbesar dunia. Mereka kembali mengadakan tur dunia, Not in This Lifetime, tak tanggung-tanggung: berjalan dua tahun. Tak jauh berbeda dengan tur Use Your Illusion yang berjalan dari Januari 1991 hingga Juli 1993.

Axl bahkan seperti tak mau berdiam di satu band saja. Ia mau menerima amanah dari Angus Young, untuk menjadi vokalis AC/DC. Bukan pekerjaan yang mudah, mengingat karakter suara Brian Johnson sudah jadi citra AC/DC selama lebih dari 30 tahun. Tapi Axl berhasil menjalaninya dalam tur dunia bareng AC/DC.

Untuk merayakan ulang tahun Axl Rose, pria paling badung dari Lafayette, ini dia 56 kisah tentang Axl yang mungkin belum pernah Anda dengar.

  1. Ia baru tahu bahwa namanya William Bruce Rose, Jr. saat menemukan ijazah ibunya di usia 17 tahun. Selama itu, ia mengira namanya adalah William Bruce Bailey.
  2. Ibu Axl bernama Sharon Elizabeth. Ia menikah dengan William Bruce Rose saat usianya 16 tahun. Keduanya bercerai saat Axl berusia dua tahun.
  3. Sebelum bercerai, William sempat menculik dan melakukan pelecehan seksual pada Axl. Sang ayah dipercaya tewas karena kasus kriminal pada 1984.
  4. Sharon kemudian menikah dengan Stephen L. Bailey, dan Axl mengganti nama jadi William Bruce Bailey.
  5. Meski Stephen dikenal religius, tetapi ia kasar. Axl rutin dipukuli, dan adik perempuannya, Amy, dilecehkan secara seksual selama 20 tahun.
  6. Di Lafayette, Axl dikenal sebagai berandal. Ia ditahan lebih dari 20 kali.
  7. Di SMA, Axl membuat band bersama Jeffrey Dean Isbell, yang kelak dikenal sebagai Izzy Stradlin.
  8. Kota kelahiran Axl, Lafayette, Indiana, dihuni oleh 43 ribu orang di dekade 1980.
  9. Menurut Monica Gregory, kawan lama Axl yang membuka toko baju untuk penggemar rock, Axl remaja sering dilecehkan dan dirisak karena berambut gondrong. Karena rambut gondrong itu pula, Axl sering dipukuli polisi.
  10. Axl termasuk siswa pintar di SMA. Namun, ia tak menyelesaikan sekolahnya karena sibuk menggambar dan melukis. “”” Rapidfire adalah band pertama yang di ikuti Axl bulan mei 1983 yang bubar tidak lama kemudian.
    Kemudian dia membentuk band nya sendiri bernama Hollywood Rose dengan teman masa kecil nya yaitu Izzy Stradlin.

Pada maret 1985 Axl mengabungkan Hollywood Rose dengan Los Angeles Guns nya Tracii Guns menjadi Guns ‘n Roses. Setelah beberapa kali mengalami pergantian personel akhirnya pada bulan juli 1985 Guns n’ Roses baru mempunyai personil tetap yaitu Axl Rose, Slash, Izzy Stradlin, Duff McKagan dan Steven Adler.
Guns n’ Roses

Pada July 1987 mereka meluncurkan album perdana Appetite for Destruction yang menjadi titik awal kesuksesan yang mereka raih. Appetite for Destruction terjual sebanyak 500.000 copi pada tahun pertama di liris. Dengan mengandalkan hits nya Sweet Child ‘o Mine pada bulan agustus 1988 album mereka mendapatkan posisi pertama di U.S Chart, yang pada waktu itu terjual 28 juta copy di seluruh dunia.

Cover album Appetite for Destruction
Tahun 1988 Guns ‘n Roses mengeluarkan album ke dua yang berjudul Lies yang terjual 5 juta copy di amerika. Awal tahun 1990 sewaktu mempromosikan album Use Your Illuson , Steven Adler di pecat oleh Axl dan di gantikan oleh Matt Sorum dari The Cults. Perpecahan band Axl baru terjadi ketika Slash menyatakan akan keluar dari Guns ‘n Roses Karena tidak tahan dengan sikap kepemimpin Axl.

Setelah vakum cukup lama pada tahun 2001 Axl Rose mengumumkan format personil baru dari Guns ‘n Roses. Setelah 15 tahun sejak mengeluarkan album terakhir, pada tahun 2008 Guns ‘n Roses mengeluarkan album terbarunya yaitu Chinesse Democracy.

Cover Album Chinese Democracy
Axl dikenal karena memiliki suara yang khas, dan di ketahui mempunyai sampai 3 jenis suara. Serta memiliki aksi panggung yang luar biasa, berlari-lari di panggung dan tidak mengacaukan ritme dari lagu yang dinyanyikan. Berikut ini adalah lagu-lagu Guns ‘n Roses yang cukup dikenal dimasyarakat.

  1. Sweet Child o Mine
  2. Dont Cry
  3. November Rain
  4. Estranged
  5. Welcome to the Jungle
  6. Rocket Quenn
    dan masih banyak lagi hasil karya Axl yang melegenda.

Berbagai sumber

Editor: Rian 

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.