Membuka Tirai Kebenaran

SMK Pancasila Surakarta, Belajar Daring Jadi Alternatif di Saat Pandemi Covid 19

2 min read

Agus Suyamto Kasek SMK Pancasila Surakarta

 

SURAKARTA, Setelah sekian lamanya sekolah dalam keadaan di liburkan karena pandemi virus corona, sesuai intruksi Pemerintah sekolah harus tetap belajar meski tidak bertatap muka. Jalan alternatifnya adalah menggunakan jaringan internet yang di sebut daring (dalam jaringan).

Metode pelajaran ini bisa di katakan efektif, meski banyak kendala sarana dan prasarana harus tetap di jalankan. Kini banyak pilihan aplikasi yang cocok dan sesuai tergantung kebutuhan sekolah.

Kini SMK Pancasila juga menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Ddengan aplikasi yang lebih mudah, ringan dan ekonomis. Aplikasi ini bisa di donwload di GetApp maupun Play Store dengan nama genius smart school.

Saat bincang-bincang dengan Agus Suyamto, yang baru beberapa bulan ini menjabat Kepala Sekolah SMK Pancasila Surakarta, tidak ingin sekolah yang sudah melegenda di kota surakarta ini, terhenti begitu saja dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

“Kami tetap memantau dari jarak jauh, meski tidak bertatap muka, kita gunakan smart school ini guna mengetahui siswa yang tidak belajar dan guru mana saja yang tidak mengajar, “jelas Agus.

Dia katakan, aplikasi ini di pakai untuk tahun ajaran baru, dalam harapan yang terpendam pihak sekolah tidak ingin KBM terkendala oleh wabah virus yang mematikan ini.

” Kami tetap optimis meski masih ada kendala dalam pembelajaran jarak jauh ini, baik dari segi sarana dan prasarana serta keterbatasan orang tua atau wali murid, “ungkapnya.

Guna mengimplementasikan itu semua, sekolah ini memiliki visi menghasilkan tenaga ahli menengah berkualitas. Sedangkan misinya membentuk tamatan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, membentuk tamatan berbudi pekerti luhur, membentuk tamatan bersikap patriotisme dan nasionalisme, menyiapkan tamatan mampu berkompetensi di dunia kerja, menyiapkan tamatan kreatif, memberikan pelayanan maksimal dan terbaik.

SMK Pancasila Surakarta mempunyai jurusan Teknik Mesin (Teknik Pemesinan), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), serta memiliki jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Untuk kegiatan pembelajaran ada dua tempat, yakni di Sekolah dan Industri. Menjalin hubungan kerjasama dengan 85 industri dan perusahaan, baik untuk kegiatan praktek kerja industri maupun tempat kunjungan industri (Study Tour).

Jika ada saudara, teman maupun tetangga bila ingin sekolah di SMK Pancasila Surakarta bisa datang di sekolah ini, yang beralamat di Jalan Apel No. 5 Jajar, Laweyan, Surakarta. (Red)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.