Membuka Tirai Kebenaran

SMPN 1 Mojolaban Miliki Segudang Prestasi

3 min read

Kepala Sekolah Drs. Oko Tri Mustofa

SUKOHARJO, SMP N 1 Mojolaban beralamat di Jalan  Mayor Achmadi No. 191 Mojolaban, tepatnya di Desa Klumprit Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah, sekolah ini di dirikan tahun 1965, sudah terakreditasi A dan menjadi sekolah favorit di kecamatan Mojolaban dan sekitarnya. Saat ini Sekolah di pimpin Kepala Sekolah Drs. Oko Tri Mustofa

Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021 seperti rilis video yang di kirim ke meja redaksi lintasindonews.com, Oko Tri Mustofa menyampaikan rasa prihatinnya, PPDB (Penerimsan Peserta Didik Baru) kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Yakni bertepatan dengan masa pandemi Covid 19.

Untuk itu Oko biasa ia disapa, menghimbau kepada siswa-siswi baru tetap menatuhi protokol kesehatan, meski pembelajaran di lakukan jarak jauh. Tetap menjaga jarak, memakai masker, selalu rajin cuci tangan baik sabun maupun hand sanitizer.

Oko juga menjelaskan, mayoritas daerah memperpanjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah (BDR). Sesuai ketentuan surat keputusan bersama (SKB) 4 menteri (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri), pembukaan sekolah hanya diperkenankan di zona hijau.

Hal ini juga tetap mematuhi kalender pendidikan jateng tahun 2020/2021, yang telah di terbitkan berdasarkan peraturan kepala dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi jateng, dengan nomer 420/06697 tertanggal 16 juni 2020 tentang pedoman penyusunan kalender pendidikan tahun pelajaran  2020/2021.

Untuk menjadikan Sekolah ini tetap favorit, SMPN 1 Mojolaban memiliki visi mewujudkan peserta didik dengan bertaqwa, cerdas, terampil, berprestasi dan berwawasan global.

Sementara misinya:
1. Menanamkan keimanan dan ketakwaan melalui pengamalan Agama.
2. Melaksanakan proses pembelajaran dan bimbingan yang bermutu.
3. Mengembangkan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan minat, bakat dan potensi peserta didik.
4. Mengoptimalkan potensi peserta didik untuk mampu berprestasi di semua jenjang kompetensi.
5. Menjalin kerjasama yang harmonis antar warga sekolah dan lembaga lain yang terkait.

Sedangkan tujuan sekolah adalah:
1. Terciptanya budaya sekolah yang relijius melalui kegiatan keagamaan.
2. Terlaksananya pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, menyenangkan pada semua mata pelajaran.
3. Terwujudnya peserta didik yang mampu menguasai keterampilan di segala bidang sesuai minat, bakat, dan potensinya.
4. Tercapainya prestasi peserta didik dalam kompetensi di tingkat daerah, nasional, regional maupun internasional.
5. Terjalinnya kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga lain, dalam merealisasikan program sekolah.

Fasilitas yang dimiliki SMPN 1 Mojolaban, yakni ruang perpustakaan, laboratorium IPA, laboratorium komputer.

Janji siswa yang harus terpenuhi di Sekolah ini yakni:
– Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, abdi terhadap tanah air, bangsa, setia kepada Pancasila dan UUD 1945.
– Adab terhadap orang tua, hormat kepada guru, serta menjunjung tinggi derajat dan martabat sekolah.
– Belajar dengan sungguh-sungguh sebagai bekal masa depan bangsa.
– Berprestasi dalam rangka mengisi kemerdekaan, menjadi warga masyarakat yang baik, dan pemuda Indonesia yang bertanggung jawab.

Prestasi dalam rekapitilisai medali POPDA SMP/MTs sederajat tingkat kabupaten tahun 2020, jumlah medali emas ada 7, perak 8, dan perunggu 8. Untuk poin medali emas x3 ada 21, perak x2 ada 14, perunggu x1 ada 8. Total poin 43 dengan peringkat 2.

Berbagai lomba yang pernah di raih nembang macapat juara 1 tingkat kabupaten, LCC 6 Mapel juara 2 tingkat kabupaten, PBB juara 2 tinggkat kabupaten, Kader Kesehatan juara 3 tingkat kabupaten, PBB Kemah Kebangsaan juara 1 tingkat kabupaten, Menulis Sipnosis juara 3 kabupaten  PMR  juara 3 kabupaten, PMR (P3K korban kecelakaan) juara 3 tingkat kabupaten, Duta PMR juara 1 tingkat kabupaten, Masih (Rebana) juara 2 tingkat kabupaten.

Sementara berbagai POPDA lomba Renang juara 1, 2, dan 3 tingkat kabupaten, Pencak Silat juara 2 tingkat kabupaten, Sepakbola juara 2 tingkat kabupaten, voli putri juara 2 tingkat kabupaten, voli putra juara 3 tingkat kabupaten, lari 200 meter juara 3 tingkat kabupaten, lari 1500 meter juara 3 tingkat kabupaten, taekwondo juara 1 dan 3 tingkat kabupaten, taekwondo 40 kg juara 3 tingkat kabupaten, dan taekwondo 57 kg juara 3 tingkat kabupaten.

Organesasi yang tetap berjalan, yakni OSIS Pembina Bambang Wisnu, SPd, PRAMUKA Pembina Senggono, SPd, PMR Madya Spensamo Pembina Endang Palupi, S. S, PASSATGAS Pembina Niko, SH, PKS Pembina Angga Kusuma, SPd, untuk ROHANI ISLAM Pembina Sartono, MSi. (Red)

SHARE

1 thought on “SMPN 1 Mojolaban Miliki Segudang Prestasi

  1. Selamat untuk SMPN 1 MAJALABAN..Smg tetap eksis, raih prestasi diberbagai bidang..dibawah pimpinan Pak Drs Oko Trimustofa bersama bpk ibu guru dan staf, dan tentunya jg kerjasama dan dukungan dari Komite SMPN 1 MOJOLABAN..
    SEMOGA SENANTIASA DALAM LINDUNGAN ALLAH SWT..AAMIIN YRA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social