STIKes Payung Negeri Aceh Darussalam Laksanakan Pembekalan Dan Serah Terima Mahasiswa Praktik Belajar Lapangan I di Dua Puskesmas

KESEHATAN

ACEH, STIKes Payung Negeri Aceh Darussalam melaksanakan kegiatan Penyerahan Praktik Belajar Lapangan I (PBL I) kepada Puskesmas Panteraya dan Puskesmas Simpang Tiga, Mahasiswa yang tengah menempuh perkuliahan pada Semester VI (Enam). Senin (26/04/2021).

Kegiatan PBL I ini dilaksanakan selama dua minggu dimulai pada tanggal 26 April sampai dengan 08 Mei 2021 dengan lokasi PBL I di Puskesmas Panteraya dan Puskesmas Simpang Tiga.

Pelaksanaan kegiatan PBL I di masa Pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dimana sebelum kegiatan PBL I dimulai seluruh mahasiswa peserta PBL I wajib menerapkan protokol Kesehatan .

Maulina Iriyanti,SKM.,MKM selaku Koordinator kegiatan PBL I mengatakan bahwa  sebelum melakukan kegiatan PBL I dimasa Pandemi Covid-19 adalah wajib menerapkan protokol Kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Jadi semua peserta PBL I yang tengah menempuh perkuliahan di Semester VI sebelum PBL I Wajib menerapkan protokol Kesehatan hal ini sebagai bentuk upaya untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19 bagi peserta PBL I yang akan turun langsung ke dua Puskesmas di Kab.Bener Meriah karena memang Puskesmas merupakan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FPKTP) yang memberikan  pelayanan primer kepada masyarakat,” tutur Maulina Iriyanti, SKM., MKM.

Kegiatan penyerahan PBL I dihadiri oleh semua Mahasiswa Peserta PBL I, Seluruh dosen Pembimbing, Ketua Prodi S1 Kesehatan Masyarakat, Ketua STIKes Payung Negeri Aceh Darussalam, Pihak Puskesmas Panteraya dan Puskesmas Simpang Tiga Kabupaten Bener Meriah

Penyerahan peserta PBL I dari STIKes Payung Negeri Aceh Darussalam kepada Puskesmas Panteraya dan Puskesmas Simpang Tiga Kabupaten Bener Meriah oleh Ketua STIKes, Zulfikar,SKM.,MKM.

Tema dalam kegiatan PBL I adalah Sistem Tata Organisasi dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Puskesmas dengan konsep identifikasi Perencanaan Pemecahan Masalah Kesehatan.

“Adapun kegiatan PBL I pada tahun ini agak berbeda dari PBL I sebelumnya, karena masih dilaksanakan pada saat Pandemi-Covid 19 sehingga kami dari STIKes Payung Negeri Aceh Darussalam sangat berupaya untuk tetap melaksanakan kegiatan ini meski mengalami penundaan karena PBL I merupakan bagian dalam proses belajar mengajar di Prodi S1
Kesehatan Masyarakat yang mau tidak mau wajib dilaksanakan, “ujarnya.

” Adapun tema pada kegiatan PBL I pada tahun ini adalah sistem tata organisasi dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Puskesmas yang sebelumnya telah dilaksanakan pemberian pembekalan materi oleh Panitia Kegiatan PBL I, saya berharap kegiatan PBL I ini dapat berjalan dengan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, “ujar Zulfikar, selaku Ketua STIKes Payung Negeri Aceh Darussalam

Penerimaan  mahasiswa peserta PBL I oleh pihak Puskesmas Panteraya dan Puskesmas Simpang Tiga Kabupaten Bener Meriah diterima oleh Kepala Puskesmas.

Dalam kegiatan penyerahan mahasiswa PBL I Kepala Puskesmas mengatakan, seluruh mahasiswa PBL I tetap menerapkan protokol kesehatan, jangan lupa menggunakan masker dan sering cuci tangan serta menjaga penampilan selama kegiatan PBL I di Puskesmas, pungkasnya. (Red)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.