Membuka Tirai Kebenaran

Sumarto, SE.MSi kepala Desa Wonuakongga, Fokuskan Dana Desa Untuk RTLH dan Jembatan

2 min read

LintasIndoNews.com | ANDOOLO, Berdasarkan APBDes tahun 2019 dengan jumlah wilayah sebesar Hektar persegi, Di desa wonuakongga, Kecamatan mowila, Kabupaten konawe selatan (konsel) memprioritaskan anggaran Dana Desa (DD) guna pembangunan jembatan di Desanya.

Hal ini disampaikan Kepala Desa (Kades) wonua kongga, Sumarto, SE.MSi kepada media ini, prioritas pembangunan di Desanya mengacu pada peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan DD dan dana desa di tahun 2019 ini.

Yakni, digunakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan berskala lokal Desa bidang Pembangunan Desa serta Pemberdayaan Masyarakat Desa. Sesuai Permendes 21 tahun 2015, prioritas pertama penggunaan Dana Desa yaitu untuk membangun RTLH.

“Alhamdulilah Dengan input dana desa berumber dana APBN sebesar di Desa kami telah kita gunakan dibidang pembangunan dan telah mencapai 80 persen,”Ungkap Sumarto,SE.M.Si saat dikonfirmasi lewat whatsap, secara tanpa menutupi jumlah nominal yang diterima oleh desanya.Rabu (16/7/2019).

Baca Juga: Desa wowalahombuti Manfaatkan Dana Desa Bangun Saluran Drainase Dan Plat Duiker

Lebih dalam, Sumarto juga memaparkan kegiatan yang dilaksanakan didesanya meliputi Item kegiatan yaitu, RTLH dan pembangunan Drainase sepanjang 83 meter, pembangunan jembatan 1 buah bentangan 10 meter.jumlah kk 91 orang jumlah jiwa 373, ujar dia.

Menurut Sumarto, dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 pasal 72 ayat (2) alokasi dana desa yang bersumber dari APBN merupakan belanja pusat dengan mengefektifkan program yang berbasis desa secara merata dan berkeadilan dan DD dapat digunakan untuk mendanai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

” Anggaran DD dialokasikan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan desa, saat ini kami memang masih konsentrasi pada pembangunan Rumah (RTLH), kedepan pemerintahan desa konsentrasi untuk mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahtraan masyarakat,”Kata Sumarto.

Baca Juga: Heru Budi Santoso Kades Cokro, Bangun Desa Sesuai Visi dan Misi

Selain itu Sumarto menilai, Pemerintah desa wonuakongga terbantu oleh program Dana Desa guna mengentaskan kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, sinergitas program pemerintah kabupaten konawe selatan Desa maju konsel hebat menekankan pembangunan RTLH untuk mengatasi kemiskinan dan pemerataan ekonomi.

Pembangunan jembatan 1 bua bentangan 10 meter pembangunan 2017 RTLH rumah tidak layak huni 17 unit, lanjut program pembangunan 2018 10 unit RTLH, 2019 pembangunan RTLH 4 unit,jumlah kk 91 orang jumlah jiwa 373. (Edison)

Baca Juga: Jumpa Pers Gathering Danlanud Adi Soemarmo Bersama Wartawan Se-Solo Raya

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.