Sel. Des 10th, 2019

Membuka Tirai Kebenaran

Sumpah (Indonesia Istimewa) Pemuda

2 min read

(Menjelang Hari Sumpah Pemuda Ke 91)
WACHID PRATOMO
PENGAJAR DI YOGYAKARTA

OPINI, Indonesia saat ini mengalami kegaduhan yang luar biasa, hingar bingar politik serta isu SARA yang berhembus semakin kencang dinegeri ini.

Disambut dengan syahdunya pelantikan presiden dilanjutkan dengan penetapan mentri kabinet maju yang sudah genap semua untuk membantu kinerja Presiden dan wakil presiden terpilih.

Setelah euforia politik marilah kita sejenak menengok kembali Indonesia tercinta menjelang hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun 2019 ini.

Indonesia merupakan sebuah magnet yang kuat bagi semua negara didunia karena keistimewaan yang dimilikinya. Kita pahami bersama dari segi budaya, ragam kuliner Indonesia sangat juara didalamnya.

Satu hal yang membuat Indonesia semakin istimewa bagi kita yaitu sifat keganjilan yang menjadi daya tarik dinegeri ini.

Dimulai dari angka saja, negara lain angka ganjil dianggap sebagai suatu petaka dan harus dihindari, namun di negeri ini semuanya serba berbau ganjil. Mari kita telisik bersama.

DAri konsepsi negara kita INDONESIA terdiri 9 huruf, PANCASILA ada 9 huruf, UUD RI 1945 juga 9 huruf, BHINEKA TUNGGAL IKA ada 17 huruf. Ini menjadikan suatu kombinasi yang sangat luar biasa sekali.

Ditambah lagi Indonesia merdeka tanggal 17 agustus ( 7 huruf), tahun 1945 terdiri atas 17.000 pulau,dengan luas wilayah 5.000 km, panjang sabang-merauke 5.110km, lebar dari miangas sampai rote 1.900km, 27 provinsi (pertama kali negara terbentuk),500 kab/kota,7000 kecamatan, 70.000 desa/kelurahan.

Selain itu mempunyai 7 presiden (1945-2019), dibantu 33 menteri , dibagi 3 zona waktu, memiliki 700 suku, 900 bahasa dan sub bahasa, maka indonesia sangat indah karena hal berbau ganjil melekat di indonesia, yang artinya kita negara sangat istimewa yang tidak dimiliki negara manapun didunia ini.

Sudah sepantasnyalah kita jaga keganjilan ini menjadi suatu kekuatan utama dalam membangun bangsa. Ganjil bukan berarti salah, namun melengkapi segala sesuatu agar menjadi genap dan bermakna.

Maka marilah kita tetap cintai Indonesia yang istimewa ini melalui moment Sumpah Pemuda, yang kebetulan tahun ini memasuki tahun ganjil yaitu ke -91.

Semoga pemuda dan pemudi kita selalu sadar bahwa Indonesia yang kita cintai ini sungguh sangat istimewa. (***)

Share this:

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social

Social menu is not set. You need to create menu and assign it to Social Menu on Menu Settings.

Copyright © LintasIndoNews.com | by Media Group AWPI.