Membuka Tirai Kebenaran

Suroto,SH Kades Kliwonan Masaran, Ingin Yang Terbaik Untuk Desanya

2 min read
Kades Suroto,SH saat didepan kantor Bumdes
Foto: rian

Lintasindonews.com, Sragen — Mengacu Undang-Undang Desa yang diperjelas melalui Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2015 menyebutkan, salah satu prioritas pemanfaatan dana desa adalah pendirian dan pengembangan BUMDes. Untuk itu sebagai langkah strategis dalam membangun pemberdayaan Suroto, SH selaku Kades Kliwonan Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen langsung mengapresiasi Permendes tersebut. Yakni membentuk Bumdes sebagai wujud dari program inovatif desa.

Dalam Pengelolaan BUMDes Suroto selalu memberi himbauan kepada pengelola yang di ambil dari masyarakat langsung agar transparan dan tidak disalahgunakan, bahkan bisa berkembang.

“Yang terpenting, tidak hanya banyaknya BUMDes yang dibentuk, tetapi apakah secara kelembagaan, ekonomi rakyat desa semakin kuat atau tidak,” kata Kades yang saat ini sedang menempuh studi S2 ini.


Lapangan desa yang kini semakin baik
Foto: rian

Selain itu Suroto berharap semua pelaksanaan sesuai aturan dan selalu mengikuti regulasi yang baru pula, menurut dia semua harus bisa di bisa pertanggungjawabkan.

”Maka pertanggungjawaban pengelolaan BUMDes harus kepada forum musyawarah desa, bukan kepada kepala desa,” katanya.

Sementara untuk di bidang infratuktur berdasarkan pantauan media ini, desa kliwonan sudah mengeliat dan mengular di setiap sudut kampung, bahkan saat ini sudah membuat jalan tembus baru yang bisa di manfaatkan masyarakat, tinggal nantinya melakukan pengembangan agar lebih baik lagi.

Untuk perbaikan lapangan desa sendiri kini sudah dianggarkan dari Dana Desa (DD) dan sudah di perbaiki dan diberi trotoar melingkar, bisa di manfaatkan masyarakat untuk joging pagi hari dan sore hari.

Itulah sekilas desa kliwonan yang kini sudah mengular cantik, berkat Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa serta Dana yang lainnya. Seorang Kades yang di siplin serta bijaksana dalam memberi arahan desa, Yang kini guyub rukun bersatu membangun desa, bersama para tokoh masyarakat dan lembaga desa.

Kontributor: Wanto/Rian

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.