Membuka Tirai Kebenaran

Training Of Trainer Spada Univet: Perdana di Kampus

2 min read

Rektor UNIVET Prof.DR. Ali Mursyid, WP.MP bersama team TOT SPADA .

LINTASINDONEWS.com, SUKOHARJO  – Bertempat di Hotel Tosan Solo Baru, Univet Bantara adakan acara Training of Trainer (ToT) Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) yang diikuti oleh para pimpinan LPPM, 7 orang dosen dan staff akademik perwakilan Fakultas dan Program Pascasarjana sebagai Tim Helpdesk dan 5 orang mahasiswa sebagai Tim Konten.

Rektor Univet Prof.DR. Ali Mursyid.WP.MP di acara TOT

Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Ir. Ali . Mursyid. WM., MP. mengatakan pengembangan sistem ini didasarkan atas saran dan himbauan dari Kemenristekdikti (saat ini Kemendikbud) yang intinya Perguruan Tinggi diberikan kewenangan untuk menyelenggarakan Pendidikan Jarak jauh (PJJ) yang bisa berbentuk Blended Learning/ Hybrid Learning atau Full Online (dengan persyaratan tertentu). Saat ini pihaknya telah merancang dan akan segera menerapkan sistem perkuliahan Blended Learning dengan persentase 60:40 (tatap muka : online).

Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Ir. Ali Mursyid.WM., MP. di acara ToT SPADA
Setelah melapor ke Kemenristekdikti pada tahun 2019, Univet Bantara menduduki peringkat 245 (turun peringkat dari tahun sebelumnya). Hal ini salah satunya disebabkan karena poin  sistem pembelajaran daring sangat sedikit.

Melalui SPADA yang baru dikembangkan ini, diharapkan aktivitas perkuliahan online di Univet Bantara bisa terlacak oleh pihak Kemenristekdikti sehingga menambah poin penilaian pemeringkatan perguruan tinggi.

“Sistem pembelajaran ini dicek oleh Dikti secara online, “jelasnya kepada wartawan Sabtu (15/2/2020).

Rektor Univet Bantara berharap Spada Univet Bantara ini akan diresmikan pada bulan Maret mendatang. Sistem serupa sudah mulai banyak diterapkan di kampus-kampus Negeri dan Swasta,  seperti Amikom, BINUS, UGM, UNS dan kampus besar lainnya.

Sementara Ketua Pelaksana, Djatmiko Hidajat, M.Pd. mengatakan ToT ini bertujuan untuk menyiapkan calon pelatih dan pendamping dosen untuk menggunakan SPADA dalam kegiatan perkuliahan.

“Pada semester genap tahun akademik 2019/2020 setiap program studi akan diwajibkan untuk menyelenggarakan Blended Learning dengan SPADA, harapan ke depan SPADA Univet Bantara sudah memberikan kontribusi dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi, “jelasnya.

Tim Pengembang SPADA antara lain Djatmiko Hidajat (Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan dan Sumber Belajar), Singgih Subiyantoro (Dosen Teknologi Pendidikan), Hamda Kharisma Putra (Dosen Teknologi Pendidikan), dan Tegar Abdullah (Staff Unit Pelaksana Sistem Informasi) Univet Bantara. (Suci)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

LintasIndoNews Social