Membuka Tirai Kebenaran

Versi YOUGOV: Di Indonesia Bukan Sosok Jokowi Yang Paling di Kagumi, Tapi Habibie

2 min read

JAKARTA, Mantan Presiden RI Bacharuddin Jusuf Habibie, atau dikenal juga sebagai BJ Habibie, menjadi sosok paling dikagumi di Indonesia versi YouGov.

Dalam jajak pendapat yang dirilis pada Kamis (18/7/2019), presiden ketiga RI itu berada di urutan pertama dengan skor kekaguman mencapai 1,19 persen.

BJ Habibie berada di atas Presiden RI saat ini, Joko Widodo ( Jokowi) dengan tingkat kekaguman masyarakat mencapai 14.12 persen, atau berselisih 1,07 persen.

Sementara dari figur perempuan, nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melejit di tempat teratas dengan 16,41 persen rakyat Indonesia mengaguminya.

Baca Juga: Manfaatkan Limbah Plastik Marimas, Guru di Sukoharjo Bikin Fornitur

Dia unggul cukup jauh dari koleganya di Kabinet Kerja Jokowi, Menteri Keuangan Sri Mulyani yang harus puas di posisi tiga dengan tingkat kekaguman 11,52 persen.

YouGov, situs penyedia opini publik dari seantero dunia asal Inggris itu memulai jajak pendapat dengan mengajukan nominasi terbuka pada Desember 2018.

“Pikirkan orang yang hidup saat ini, baik pria atau perempuan, siapa yang paling Anda kagumi,” begitulah isi pertanyaan dari YouGov kepada panelis.

Dari kuesioner itu, YouGov kemudian mengumpulkan 20 figur masing-masing pria dan perempuan yang paling banyak mendapat nominasi di setidaknya empat negara.

Baca Juga: Bupati Sragen Hadiri INDONESIA INTERNATIONAL SMART CITY EXPO di JCC

Setelah itu, mereka kembali melakukan survei sepanjang Maret hingga Juni lalu kepada 41 negara dengan mengajukan dua pertanyaan. Pertama adalah “Siapa yang Anda Kagumi?”

Di pertanyaan tersebut, panelis bisa mendapat sejumlah pilihan. Setelah itu, terdapat pertanyaan yang berbunyi “Siapa yang PALING Anda Kagumi?”

Dua item pertanyaan itu kemudian dikombinasikan untuk memperoleh persentase kekaguman, termasuk juga di dalamnya adalah figur publik maupun selebritis.

“Dengan mengajukan dua pertanyaan kepada responden, kami bisa memahami luasnya (yaitu cakupan dunia), serta intensitas dukungan seseorang,” ulas YouGov di situs resminya.

Baca Juga: Bikin Heboh, 7 Warga Konsel Jadi Tersangka saat Ancam Ledakkan Bom

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Bukan Jokowi, BJ Habibie Jadi Sosok Paling Dikagumi di Indonesia Versi YouGov

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.