Membuka Tirai Kebenaran

Viral, Foto Sampah Plastik Indomie Berusia 19 Tahun

3 min read
Sampah plastik bungkus Indomie berusia sekitar 19 tahun di Pantai Sendang Biru, Malang (Foto: Twitter @selfeeani)

Foto sampah plastik bungkus Indomie yang ditemukan di Pantai Sendang Biru, Malang, mendadakramai diperbincangkan. Sampah-sampah serupa mungkin banyak dijumpai. Hanya saja sampah plastik menjadi viral lantaran berbeda.

LintasIndoNews.com | Malang –– Sampah plastik bungkus Indomie itu diperkirakan berusia sekitar 19 tahun. Sampah tersebut kemudian diabadikan oleh Fianisa Tiara Pradani. Foto tersebut kemudian diunggah di akun Twitter pribadinya, @selfeeani, Sabtu (6/4) lalu, hingga akhirnya menjadi viral di media sosial.

Tampak dalam foto tersebut warna sampah plastik bungkus Indomie sudah mulai pudar. Hanya saja tulisan dan gambarnya masih bisa terlihat jelas. Terlihat juga dalam bungkus Indomie tersebut tulisan “55 Tahun Dirgahayulah Indonesiaku”. Padahal, 17 Agustus 2019 nanti Indonesia akan merayakan HUT ke 74.

Dalam unggahan tersebut, Fianisa Tiara Pradani atau yang akrab disapa Fia itu menceritakan bagaimana dirinya menemukan sampah plastik tersebut.View image on Twitter

View image on Twitter

Agustus nanti indonesia akan berumur 74 tahun. Namun, pagi ini saya menemukan bungkus indomie yang bertuliskan dirgahayu indonesia ke-55. Saya merenung sejenak karena perbedaannya 19 tahun jadi bungkus ini terombang ambing di laut sampai hanyut ke bibir pantai selama 19 tahun

“Agustus nanti Indonesia akan berumur 74 tahun. Namun, pagi ini saya menemukan bungkus Indomie yang bertuliskan dirgahayu Indonesia ke-55,” tulis Fia.

Perempuan yang diketahui salah satu mahasiswa semester VIII Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, Malang itu bahkan mengaku sempat merenung usai menemukan sampah plastik itu.

“Saya merenung sejenak karena perbedaannya 19 tahun. Jadi, bungkus ini terombang-ambing di laut sampai hanyut ke bibir pantai selama 19 tahun,” tambahnya.

Sampah itu ditemukan oleh Fia saat tengah melakukan penelitian di Pantai Sendang Biru, Malang, terkait skripsi yang digarapnya . Lantaran di sana banyak menjumpai sampah, akhirnya Fia pun memutuskan membersihkan sampah. Hingga dirinya pun menemukan sampah plastik bungkus Indomie berusia sekitar 19 tahun tersebut.

Kini unggahan foto sampah plastik bungkus Indomie itu berhasil menuai banyak perhatian warganet. Hingga tulisan ini diturunkan, unggahan tersebut setidaknya di-retweet sebanyak lebih dari 67 ribu kali dan disukai lebih dari 35 warganet. Bahkan, Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti juga turut merespons dengan me-retweet dalam akun Twitter miliknya.

Berbagai komentar dilayangkan warganet untuk foto sampah plastik bungkus Indomie yang diunggah Fia. Sebagian besar dari mereka memandang hal tersebut sangat miris. Sampah plastik sulit hancur dan terurai meski sudah berpuluh tahun.

“19 tahun. Gila yah. Dari aku lahir sampai sekarang gak berubah bentuk. Bahkan tulisannya masih kecetak jelas. Serem banget ini sampah plastik,” tulis pemilik akun @alexzandrahere.

“Dan seramnya ini masih satu dari jutaan sampah plastik yang ada di sekitar kita,” lanjut @ohstrawberrx.

Sementara itu, pemilik akun Twitter @S_Purwadi menuliskan komentar bahwa unggahan seperti itu sangat bagus. Menurutnya, dengan begitu orang akan sadar untuk menjaga lingkungan dari sampah, terlebih sampah plastik.

“Iya gak apa-apa. Bagus kok. Tweet yang begini justru bisa bikin orang-orang sadar lingkungan, bijak dalam menggunakan, memilih dan memilah sampah,” tulisnya.

Seperti diketahu, bahwa sampah plastik memang sangat sulit terurai. Beberapa pakar bahkan memperkirakan setidaknya membutuhkan waktu selama puluhan hingga ribuan tahun bisa benar-benar terurai. Hal tersebut tentu sangat berbahaya terhadap lingkungan.

Sumber: kumparan.com

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.