Membuka Tirai Kebenaran

Wagub Jatim Emil Listianto Dardak Tebar Benih Ikan Lokal di Waduk Karangkates, Selorejo Dan Wingi

2 min read
Saat tebar benih ikan tampak semangat demi populasi ikam dan bendungan

LintasIndoNews.com, Surabaya — Sejak dilantik sebagai Wakil Gubernur Emil Listianto Dardak Jawa Timur, Dia langsung tancap gas mewujudkan konsep Nawabhakti Satya dalam kesejahteraan bagi masyarakat secara adil dan merata yang salah satunya rajin memantau dan menyusuri sungai di jawa timur.

Wagub jatim Emil Listianto Dardak di lokasi bendungan

Setelah menyusuri sungai DAS Berantas dan Bendungan Grak Bojonegoro, Kali ini Emil melihat langsung kondisi Bendungan Karangkates dan Waduk Selorejo. Ini Dia lakukan untuk memastikan lingkungan sungai terjaga kebersihan dan kelestariannya.

Bersama dengan Relawan Jogo Kali dan menggandeng Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Emil mengajak Masyarakat untuk bersama sama Menjaga Lingkungan Sungai.

Dalam acara ini Emil menebar Benih Ikan Lokal sebanyak lebih dari 100 ribu ekor di Waduk Karangkates, Selorejo Malang dan Waduk Wlingi Blitar, Ikan lokal tersebut berkembang biak di perairan umum. Tetapi seiring dengan waktu dan cara penangkapan yang terkadang belum sesuai kaidah, populasi ikan-ikan lokal tersebut menjadi menurun.

Dengan telah dikuasainya teknologi pembenihan ikan-ikan lokal tersebut, sebagaimana yang telah dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur maka produksi benih yang dihasilkan , dapat di restocking atau ditebar kembali ke alam untuk memperkaya dan meningkatkan sumber daya perikanan di perairan umum.

Sehingga perairan umum baik itu sungai, danau maupun waduk dapat kembali menjadi tumpuan masyarakat sekitarnya untuk meningkatkan pendapatan dan juga gizi masyarakat. Kebutuhan benih ikan saat ini tidak hanya untuk di budidayakan, tetapi juga untuk memperkaya stok ikan di alam atau menambah stok ikan di alam, khususnya untuk jenis-jenis ikan lokal yang telah berhasil dikuasai teknologinya
Melalui restocking ini, di harapkan terjadi keseimbangan alam dan lingkungan semakin terjaga. (Ris)

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.