Membuka Tirai Kebenaran

Warga Di Desa Punjulharjo Terampil Memanfaatkan Bahan Dari Alam

1 min read

REMBANG – , Desa Punjulharjo Kecamatan Kota Rembang, Kabupaten Rembang Jawa Tengah, merupakan desa yang berfokus menjadi desa wisata dan dikenal dengan Pantai Karang jahenya yang menjadikan mayoritas masyarakat didalamnya memiliki profesi sebagai penggiat wisata dan pedagang.

Namun, selain dibidang pariwisata, Desa Punjulharjo juga termasuk desa pemasok kebutuhan garam di Kota Rembang.

Beberapa permasalahan yang terjadi di wilayah Desa Punjulharjo yaitu adanya potensi tanaman alam desa yang belum dimanfaatkan dengan baik, kurangnya keterampilan dalam mengelola potensi desa dengan mayoritas penduduk adalah Ibu Rumah Tangga yang minim penghasilan.

Mayoritas bekerja sebagai penjualoleh-oleh suvenir khas Karang Jahe Bach ( KJB ).
Menurut penuturan Arizal salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Universitas Diponegoro Semarang Jawa Tengah cemati Desa Punjulharjo, Program Pelatihan Ecoprint ini dilakukan untuk memberikan solusi dengan memanfaatkan potensi alam yang dimiliki desa dan meningkatkan kemampuan warga dalam menciptakan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan potensi alam di desanya.

“Salah satu upaya pengembangan desa ekowisata yaitu dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan output pelatihan tersebut dapat mengembangkan kreativitas warga Desa Punjulharjo dengan memanfaatkan bahan dari alam untuk pembuatan ecoprint yang nantinya dapat dijadikan sebuah produk yang dapat membantu perekonomian di Desa Punjulharjo.” Ujar Arizal. ( Insan )

Editor: Seno

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.