Membuka Tirai Kebenaran

170 BPD Tiga Kecamatan Masa Bhakti 2020 – 2025 Dilantik Bupati Rembang .

2 min read

LINTASINDONEWS.com, REMBANG – Sebanyak 170 pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terpilih di tiga Kecamatan yaitu Pancur, Kragan, dan Sedan dilantik oleh Bupati Rembang H. Abdul Hafidz di pendopo kantor Kecamatan Pancur pada Senin siang (3/2/2019).

Usai melantik, Bupati mengajak anggota BPD terpilih berkerjasama dan berkomunikasi dengan perangkat desa dalam berinovasi dalam membangun desa. BPD diminta harus mampu menjadi jembatan utama yang menghubungkan pemerintah desa dengan masyarakat.

“ Jangan sampai anggota BPD tidak mampu memahami agenda – agenda yang telah dirumuskan serta diharapkan mampu mendukung pembaharuan di desa “ tegasnya.

Hafidz menambahkan anggota BPD harus mampu menjawab tuntutan dan kebutuhan masyarakatnya sekaligus mengukur potensi dan permasalahan yang ada di desa.

Hafidz mengingatkan bahwa kepala desa (Kades) dan BPD mempunyai tugas yang berbeda namun mempunyai kedudukan yang sejajar. Kades sebagai eksekutif sedangkan BPD sebagai legislatif di tingkat desa. Tugas pokok dan fungsi BPD ada tiga hal yaitu membahas dan menetapkan peraturan desa (Perdes), menjaring aspirasi masyarakat, dan melakukan pengawasn terhadap kinerja Kades beserta perangkatnya.

Selain itu sinergi antara Kades dan BPD bisa memajukan desa menjadi lebih baik. Dirinya mengklaim bahwa pertumbuhan sumber daya manusia (SDM) di Rembang meningkat apalagi nanti kemandirian ekonomi dimulai dar basis desa.

Walaupun ada beberapa kekurangan yang diakui seperti pembangunan jalan, Bupati siap membenahinya.

“Tugas BPD ada tiga yaitu menetapkan Perdes, menjaring aspirasi, dan pengawasan. Tapi saya ingatkan harus akur dengan Kades agar di desa bisa harmonis dan sama-sama bangun desa,” pungkasnya.

Abul Manaf , BPD terpilih asal Desa Gesian Kecamatan Sedan mengaku akan bekerja sebaik – baiknya karena ini suatu amanah yang diberikan oleh warga desa Gesian . Mereka merupakan wakil dan akan memperjuangkan aspirasi dari semua warga. (Insan)

 

“Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus di hapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan (alenia pertama pembukaan UUD 1945)”

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.