Membuka Tirai Kebenaran

Bank Sampah Mawar Perum Persada Asri Gupitsari Teras Rayakan Ultah Ke 1, Refleksikan Kebersihan Lingkungan

2 min read
Kue ultah bank sampah ke 1 tahun

BOYOLALI, LINTASINDONEWS.com – Bank Sampah Mawar adalah bank sampah yang berdiri di Perum Gupitsari RT 9 RW 2 di dukuh Gupitsari, Desa Teras Kabupaten Boyolali. Sudah tak terasa satu tahun ini merayakan Ulang Tahunnya, Minggu (15/9).

Hal ini di cetuskan oleh warga masyarakat Gupitsari sendiri yang di nahkodai oleh tokoh masyarakat Suharti dan Sundari selaku istri dari Ketua RT Sulamto,

Di lihat dari spesifikasi kegiatannya, Bank Sampah Mawar adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah  yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat  Pengepul sampah.

Bank sampah ini dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan. Penyetor adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi bank.  Bank sampah berdiri karena adanya keprihatinan masyarakat akan lingkungan hidup yang semakin lama semakin dipenuhi dengan sampah baik organik maupun anorganik.

Sampah yang semakin banyak tentu akan menimbulkan banyak masalah, sehingga memerlukan pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna. Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menangani sampah dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Tujuan utama pendirian bank sampah adalah untuk membantu menangani pengolahan sampah di lingkunga Boyolali, seperti anjuran dari Dinas Lingkungan Hidup. Tujuan bank sampah selanjutnya adalah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih.

Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis.

Suharti selaku aktifis lingkungan hidup menyampaikan rasa Terima kasih yang tak terhingga, kepada masyarakat lingkungan khususnya warga Perum Persada Asri RT 9.

“Kami sangat bangga kepada warga Gupitsari dimana tujuan dari bank sampah ini bisa terealisasikan dengan baik, alhamdullillah uang yang sudah terkumpul jutaan rupiah ini akan kami manfaatkan sebaik-baiknya, ” Jelasnya.

Lebih jauh, Suharti juga membeberkan jika dana ini sebagian akan di wujudkan membuat kostum atau kaos seragam untuk para pengelola Bank sampah mawar.

“Ini sebagai wujud rasa syukur kita, agar masyarakat lebih peduli dan cinta akan lingkungannya, jika lingkungan bersih jiwa akan bersih dan tentunya menjadi sehat, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman, ” Ungkap Suharti. (Janter)

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.