Membuka Tirai Kebenaran

Desa Padas Tanon Selain Infratuktur, Pembedayaan Masyarakat di Bidang Bumdes

2 min read
Kades dan Perangkat (foto: rian)


Lintasindonews.com, Sragen — Keberadaan badan usaha milik desa (BUMDes) dinilai sangat strategis memberdayakan dan menumbuhkan ekonomi masyarakat desa. Oleh karena itu, Pemerintah terus mendorong pertumbuhan BUMDes di desa – desa yang ada di wilayahnya.

BUMDes adalah potensi untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan juga semakin mendorong pengelolaan produksi lokal sehingga semakin bernilai jual.

Hal ini penting dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan pemerintahan desa setempat. Dengan harapan bisa berkembang di satu desa jika masyarakatnya mendukung dan paham maksud serta tujuannya. Setidaknya bisa menggali potensi daerah untuk dikelola menjadi produksi yang memiliki nilai ekonomis.

Hal yang tak kalang penting dimana pemerintahan desa harus bisa mengelola masyarakat sebagai organisasi. BUMDes ini diatur oleh UU Nomor 6/2014 tentang Desa, karena dia sebagai pelaku ekonomi yang mengelola potensi desa secara kolektif untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa.

Dalam mengimplementasikan pembangunan sesuai program pemerintah , Desa Padas Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen kembangkan Bumdes guna meningkatkan perkembangan desa secara langsung oleh masyarakat terutama karang taruna, ibarat gayung bersambut membias ke segala sektor. Baik pembangunan infratuktur maupun bidang perekonomian.

Hal ini di wujudkan dalam meningkatkan jalan usaha tani, dimana para petani menjadi lebih mudah dan murah saat panen tiba. Untuk jalan poros desa juga tak luput dari prioritas, dimana sang kepala desa bersama para tokoh dan lembaga bersikukuh jalan desa harus terbetonisasi semua.

Sedangkan fasilitas umum seperti lapangan desa, kini juga mendapat anggaran dari pusat sebesar Rp.185 juta. Beberapa waktu lalu saat di wawancarai sudah terlaksana 70 %. Kini sudah bisa di manfaatkan masyarakat sekitar, untuk ajang olahraga sepakbola.

Dalam penggunaan semua anggaran dari Dana Desa ( DD ) di kerjakan oleh TPK masyarakat langsung, yang telah di susun dalam APBDes melalui musrenbangdes, yakni berdasarkan usulan langsung dari masyarakat.

Di singgung seputar Bumdes Suratmi selaku Kepala desa menyampaikan, Bumdes desa padas bergerak di bidang jasa, melayani pajak listrik, PDAM dan pajak kendaraan bermotor. Selain itu juga melayani alat sewa molen, untuk sarana pembangunan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Itulah sekilas desa padas, yang kini semakin giat berjuang untuk desa yang maju serta guyub rukun dalam pembangunan. Dimana Kades selalu berkomitmen ingin meratakan pembangunan, dengan transparan dan amanah, memiliki semboyan maju desaku sejahtera rakyatku.

Kontributor: Rian / Wanto 

Editor: Rian Hepi

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.