Membuka Tirai Kebenaran

UST Kampus Milenial Yogyakarta

2 min read

Oleh :
Wachid Pratama

PENDIDIKAN, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta yang kemudian dikenal menjadi UST Yogyakarta merupakan satu dari ratusan kampus swasta di kota pelajar Yogyakarta. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) berdiri tahun 1955 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Brosur penawaran pendaftaran

Universitas ini memiliki komitmen dalam pengembangan Catur Dharma Perguruan Tinggi dan mengembangkan ajaran Kemandirian, Kemerdekaan dan Kebangsaan sesuai cita-cita pendiri UST yaitu Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara (KHD)

Ki Hadjar Dewantara mendirikan Perguruan Tamansiswa pada pada tanggal 3 Juli 1922. Tiga puluh tiga tahun kemudian, tanggal 15 November 1955 Ki Hadjar Dewantara mendirikan Taman Prasarjana yang kemudian menjadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta memiliki 5 fakultas dan Program Pascasarjana yang ada di lingkungan UST.

 

Tampak Fasilitas Gedung UST

Fakultas-fakultas yang ada adalah Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Psikologi (F Psi), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Pertanian (FP), dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan 19 Program Studi di dalamnya.

Dan yang terbaru FKIP terkhusus didaulat menyelenggarakan Program Profesi Guru (PPG) baik dalam jabatan maupun pra jabatan bahkan diamanahi menyelenggarakan PPG GURDASUS dari Kalimantan Barat. Tentu ini tidak didapatkan dengan mudah mengingat kampus swasta yang tentu pernah kembang kempis dalam perjalanan waktunya.

Namun dibawah kepemimpinan Rektor Drs. Pardimin, M.Pd., Ph.D UST kembali digenjot dan diubah menjadi kampus yang moncer dijogja, bahkan menjadi salah satu kampus swasta unggulan. Dengan dukungan sarana dan prasarana dan ratusan prestasi maka tidak heran UST sekarang menjelma menjadi barometer baru pendidikan di tanah Yogya. UST sendiri sampai saat ini memiliki program studi yang rata-rata “B” bahkan sudah banyak juga yang “A”. Tentu kita semua bangga bahwa UST masih berdiri kokoh sampai detik ini, sebagai salah satu pewaris pemikiran KHD .

Sehingga ada sebuah “adagium”bahwa jika ingin belajar pendidikan atau menjadi guru maka masuklah ke kampus yang didirikan oleh Bapak Pendidikan Indonesia yaitu Ki Hadjar Dewantara yaitu kampus kebangsaan UST Yogyakarta.

Mahasiswa UST juga dari sabang sampai merauke seperti hymne Tamansiswa “dari barat sampai ketimur” dibawah ketua Majelis Luhur Prof. Sri Edi Swasono yang juga seorang ekonom hebat maka lirik dalam hymne tersebut di realisasikan dengan berkumpulnya putra putri terbaik bangsa dari barat yaitu sabang sampai timur yaitu merauke papua.

Maka tunggu apalagi bergabunglah dikampus kebangsaan UST yang masih menerima mahasiswa sampai tanggal 7 September 2019 atau datang langsung ke UST di Jalan Kusumanegara No. 157, Yogyakarta. Selain itu, Anda pun bisa menghubungi nomor telepon (0274) 551584, nomor ponsel 0822 2526 6111, 0857 4743 5556, 0878 3984 1888, atau email di alamat pmb@ustjogja.ac.id. Kami tunggu kedatangan anda wahai dewantara muda. (Red)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.