Membuka Tirai Kebenaran

HUT PT Semen Gresik Ke 6 diMeriahkan WayangKulit Dalang Ki Sigit Arianto

2 min read

HUT PT.Semen Gresik Ke 6 diMeriahkan WayangKulit dalang Ki Sigit Arianto

LINTASINDONEWS.com, REMBANG – Ratusan warga yang ada di ring 1 pabrik  Semen Gresik tumplek blek , untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit semalam suntuk .Pementasan wayang kulit di gelar di halaman barat pabrik semen . dengan dalang ki Sigit Ariyanto asal Rembang yang diiringi angklung lorenza Blora.

Ini merupakan salah satu wujud komitmen Semen Gresik dalam pelestarian budaya dan kearifan lokal.

Pagelaran tersebut dihadiri direksi dan komisaris PT. Semen Gresik, jajaran Forkompinda,kepala desa, tokoh masyarakat, serta warga dari desa sekitar perusahaan, baik dari kabupaten Rembang maupun Blora, senin (3/2) .

Direktur produksi PT. Semen Gresik, Joko Sulistyanto mengatakan pihaknya memang fokus meningkatkan pemberdayaan, supaya bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat untuk jangka panjang, ia memastikan akan mengambil lebih banyak peran, paparnya

“Progam pemberdayaan menjadi salah satu prioritas. Minimal 30 persen dari anggaran FMM itu wajib untuk pemberdayaan. Kita berharap, lewat upaya ini desa sekitar Semen Gresik lebih mandiri dan memiliki daya saing. Ujung dari proses itu juga berdampak positif untuk perekonomian dan sektor-sektor lain di desa tersebut,”ujar Supriyadi.

Sementara itu ,sekretaris daerah (sekda) Rembang, Subhakti menyampaikan masalah tersebut ketika menghadiri pentas wayang kuli, memeriahkan hut ke-6 pt. Semen Gresik pabrik Rembang di lapangan parkir pabrik, desa kajar, kecamatan Gunem, senin malam .

Subhakti menilai kontribusi PT.. Semen Gresik untuk masyarakat sudah dirasakan. Ia mencontohkan bumdes di desa ring 1 sekitar pabrik yang mendapatkan anggaran dari PT. Semen Gresik setiap tahun, diharapkan mampu menumbuhkan pemberdayaan ekonomi.

Subhakti menambahkan sering kali PT. Semen Gresik hadir melalui program CSR nya, sepanjang musim kemarau kemarin, mereka banyak menggelontorkan bantuan air bersih guna mengurangi dampak kekeringan, maupun bantuan bagi korban bencana kebakaran.

’’ Saya berharap setelah bumdes ,Semen Gresik juga melakukan pemberdayaan UMKM, Sinergi antara Bumdes dan UMKM itu akan mendongkrak perekonomian dan sektor lain di desa’’ paparnya.

Sementara itu pentas wayang kulit menampilkan dalang ki Sigit Ariyanto dari Tawangsari, kelurahan Leteh,Rembang. Suasana semakin semarak, karena didatangkan bintang tamu Agnes Serfozo, sinden bule dari Hungaria.

Sementara itu, mbah Lasiyo sesepuh sedulur sikep dari klopoduwur Banjarejo,Blora mengatakan , semoga dalam peringatan ke 6 tahun Semen Gresik , keberadaanya lebih bermanfaat bagi warga di sekitar pabrik khususnya .

’’Mugi mugi kawontenanipun pabrik semen gresik ndadosaken kemakmuranipun sederek sedoyo , ugi mboten namung niku sarasan,sanak sedulur ingkang badenderek nyambut damel wontel pabrik nggih kedah di tampi’’. (Insan) 

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.