Membuka Tirai Kebenaran

Apel Gabungan TNI – Polri, Kesiapsiagaan Pengamanan Pilpres Pilleg 2019

4 min read
Apel gabungan TNI dan Polri

LintasIndoNews.com | Solo — Bertempat di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo telah dilaksanakan Apel Gabungan TNI – Polri Dalam Rangka Kesiapsiagaan Pengamanan Pilpres Pileg Tahun 2019, Jumat 5 April 2019 Pukul 09.15 sd 10.15 WIB.

Dalam kegiatan ini hadir Kapolri Jenderal Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP, Kapolda Jateng Drs. Condro Kirono, M.M. M.Hum, Pangdam IV Diponegoro Mayor Jenderal TNI Mochamad Effendi, Asops Panglima Mayjen TNI Ganip Warsito, Aster Panglima Mayjen TNI George Supit, Kadiv Humas : Irjen Pol. M. Iqbal, S.I.K, Dankorbrimob : Irjen Pol. Drs. Ilham Salahudin,S.H.,M. Hum, Dankorbrimob : Irjen Pol. Drs. Ilham Salahudin,S.H.,M. Hum.

Sentara Pejabat Utama TNI yang hadir Pejabat Utama Mabes TNI Pendamping Panglima TNI, Pejabat Utama Kodam IV Diponegoro, Pejabat Utama Korem Warastratama Surakarta, Dandim Jajaran Soloraya

Untuk Pejabat Utama Polri Pejabat Utama Mabes Polri, Pejabat Utama Polda Jateng, Pejabat Utama Polda DIY, Kapolres Jajaran Soloraya

Rombongan pendamping dari Mabes Polri, Kabag Ops Korbrimob : Kombes Pol. Drs. Waris Wagono, Koorspripim : Kombes Pol. Ferdy Sambo, S.H., S.I.K., M.H, Sekpri Kapolri : AKBP. Azis Andriansyah, S.I.K, M.Hum, Kasubag Bungkol : Kompol Hendri Umar, S.I.K., M.H, Kaur Doklitur: Kompol, Taat Resdianto, S.I.K, S.H., M.T.C.P, Katim Walpri : Kompol Mujiyanto, S.H, Kaur Penghubung : Akp Rudi Priyosantoso, S.I.K, Pamin Bungkol : Iptu Aldo Primananda Putra, S.I.K, M.Si., Pa Walpri : Ipda Amir Halik, ADC Kapolri : Ipda Yoga Aprianto Aldila, S.T.K, Ba Walpri : Brigadir Nofriyanto, S.H, Ba Walpri : Brigadir Eka Duta, Ba Dokumentasi : Brigadir Hendria Nataria.

Tata urutan Apel gabungan TNI – POLRI dalam rangka kesiapsiagaan pemgamanan pilpres pilleg tahun 2019,

Komandan Apel memasuki lapangan Apel langsung mengambil alih komando, Laporan Perwira Acara kepada Pimpinan Apel bahwa Apel Gelar Pasukan siap dimulai, Pimpinan Apel tiba di lapangan Apel, Penghormatan Pasukan, Laporan Komandan Apel., Pemeriksaan Pasukan oleh Kapolri, Panglima TNI, Pangdam IV Diponegoro, Kapolda Jateng, PJU Mabes Polri dan PJU Mabes TNI, Pengarahan Pimpinan Apel / Amanat, Laporan Komandan Apel, Penghormatan Pasukan, Pimpinan Apel meninggalkan Lapangan Apel

Selanjutnya Laporan Perwira Acara kepada Pimpinan Apel bahwa Apel Gelar Pasukan telah selesai dilaksanakan.

Amanat Apel oleh pimpinan apel PANGLIMA KOMANDO DAERAH MILITER IV/DIPONEGORO dalam Apel Gabungan TNI – Polri dalam rangka Kesiapsiagaan Pengamanan Pilpres dan Pilleg Tahun 2019, sbb:

Pesta Demokrasi, pemilihan Presiden dan pemilihan Legislatif yang dilaksanakan secara serentak tentunya akan memiliki konsekuensi potensi, gangguan, hambatan dan ancaman yang semakin kompleks pula. Kita semua berharap pemilu akan berlangsung dengan damai, aman, dan lancar. Namun, dibalik harapan itu menuntut adanya upaya dan kerja keras seluruh komponen bangsa, khususnya para penyelenggara Pemilu termasuk TNI dan Polri sebagai alat negara, agar mampu mewujudkan stabilitas keamanan sehingga Pesta Demokrasi 2019 dapat berjalan sukses dan aman.

Dalam operasi pengamanan tahapan Pemilu 2019 ini, kita tidak boleh underestimate sekecil apapun. Setiap potensi konflik atau kerawanan harus kita antisipasi agar tidak berkembang menjadi konflik yang lebih besar. Kompleksitas potensi ancaman yang mungkin terjadi membuat soliditas dan sinergitas TNI-Polri dalam tugas memiliki peran penting dan bernilai strategis.

Berbagai kegiatan pembekalan dan pelatihan, baik yang bersifat parsial di tiap-tiap satuan maupun gabungan telah kita laksanakan. Dengan kegiatan tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan kesiapsiagaan dan kepercayaan diri para unsur pengamanan dalam mengamankan serta mensukseskan Pesta Demokrasi yang akan datang.

Hal yang tidak kalah penting adalah integritas dan komitmen netralitas penyelenggara Pemilu serta TNI-Polri dalam pelaksanaan tugas. Netralitas adalah komitmen kita semua dan harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Disanalah kepercayaan masyarakat akan tumbuh dan akan mempermudah dalam setiap langkah penyelesaian persoalan yang terjadi.

Pada pagi ini telah hadir di tengah-tengah Panglima TNI dan Kapolri untuk meninjau secara langsung kesiapan dan kesiagaan seluruh jajaran personel TNI-Polri di wilayah Kodam IV/Diponegoro dalam rangka pengamanan Pemilu Presiden dan Legislatif tahun 2019.

Mewakili seluruh prajurit Kodam IV/Diponegoro, kami ucapkan terimakasih kepada bapak Panglima TNI dan bapak Kapolri atas kehadiran serta perhatiannya sehingga akan menambah semangat pengabdian kami kepada TNI, Bangsa dan Negara.

Kami laporkan bahwa Kodam IV/Diponegoro telah menyiapkan 14.150 orang personel TNI untuk melaksanakan tugas perbantuan kepada Polri dalam mengamankan dan mensukseskan Pemilu 2019.

Pagi ini, dihadapan bapak Panglima TNI dan bapak Kapolri telah hadir 3.300 orang personel TNI-Polri yang merupakan perwakilan dari berbagai satuan di wilayah Jateng dan DIY, mereka semua siap menerima arahan bapak Panglima TNI dan bapak Kapolri guna dijadikan pedoman dalam rangka mengamankan dan mensukseskan Pesta Demokrasi Pemilu 2019.

Selama kegiatan berlangsung terdapat situasi aman, tertib dan kondusif. Setelah selesai dilanjutkan Pengarahan dan Anev oleh Kapolri dan Panglima TNI di Gedung Wiraloka AURI Adi Soemarmo. (Fajar)

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.