Membuka Tirai Kebenaran

Harga Bawang Putih Naik Jadi Rp 60 Ribu Akibat Virus Corona

2 min read

LINTASINDONEWS.com, REMBANG – Bawang putih di pasar tradisional rembang  melonjak tinggi dalam sepekan terakhir. Harga bawang putih naik drastis mencapai 100 persen .dari semula rp 28 – 30 .sekarang naik menjadi Rp.60 ribu.

Pedagang, bawang putih Sukarti  (42 tahun) mengungkapkan, sudah empat hari terakhir ini harga bawang putih naik. Menurut dia, dari agen harga bawang putih mencapai Rp 46 ribu. Kemudian oleh pedagang, bawang putih dijual Rp 50 – 60  ribu kepada pembeli.

“Yang satu minggu sebelumnya harga bawang putih Rp  28 – 30, kemarin Rp. 38 ribu ,sekarang Rp 55 hingga rp.60 ribu, kalau pedagang yang besar punya setok banyak harganya bisa kurang dari Rp.60 ribu, ”jelasnya.

Pedagang lainnya, Sudarmi  (59 tahun) mengungkapkan hal serupa. Menurut dia, harga bawang putih terus naik dari hari ke harinya.

Ia  mengatakan kenaikan bawang putih disebabkan  bawang mengimport dari cina, sedangkan cina ini ada masalah wabah virus corona ,jadi pasokan berkurang/harga terus naik menadi dua kali lipat.

 “Seminggu ke belakang itu harga bawang putih dari agen sekitar Rp 28 ribu per kilogram,dijual Rp 35 ribu.dalam tiga hari ke belakang harga bawang putih ini melonjak menjadi Rp 45 ribu dari agen dan puncaknya sekarang itu mencapai Rp 42 ribu dari agennya “ sambungnya.

Sudarmi menambahkan , ia berharap harga bawang segera turun ,sehingga masyarakat pembeli tidak mengeluh.

Selain itu Japar penjual lontong tahu mengatakan, tidak ada permasalahan dalam kenaikan harga.

“Harga bawang naik tidak masalah , yang penting masih ada barangnya , soalnya kalau sudah mahal barang nya tidak ada ini yang susah, “paparnya sambil memilih bawang yang di beli.

Dilansir dari  wabah virus corona di cina membuat pasokan bawang putih impor di pasar  mulai mengalami kekurangan.

Berkurangnya pasokan bawang putih dari cina ke  pedagang grosir secara berkala sejak beberapa hari terakhir. Hal itu terjadi karena bawang putih masih bergantung pada impor dari China, wabah virus corona ini dilakukan pembatasan impor sejumlah barang dari cina,termasuk bawang putih. (Tri)

 

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.