Membuka Tirai Kebenaran

Jangan Kaget, Dosen Ini Bocorkan Nilai Kuliah Jokowi Sekarang, IP-nya Cuma Segini !

2 min read
Foto: refrensi pihak ketiga

Memiliki karir yang mulus boleh jadi merupakan cerminan kecerdasan Presiden Joko Widodo. Berawal dari pengusaha mabel sampai merembet pejabat tinggi sudah selayaknya disebut prestasi. Lebih mundur sebelum itu, ia punya cerita saat masih berstatus sebagai mahasiswa.

Saat menjalani studinya di Universitas Gajah Mada (UGM) puluhan tahun lalu, pria yang akrab disapa Jokowi punya sederet kenangan berkesan. Saat melengkapi kunjungan di kampus lamanya beberapa saat lalu, presiden Joko Widodo sempat mengenalkan Kasmujo, dosen pembimbing skripsinya dulu. Kasmujo pun juga sedikit berbicara tentang mantan mahasiswa asuhannya itu.

“Walaupun katakanlah IP-nya dari 2,65 sampai 3,2 ya memuaskan. (IPK Jokowi) dibawah 3 sedikit. Tetapi sudah termasuk tinggi,” ujar Kasmujo dikutip dari laman detik.com.

Jokowi mengerjakan skripsi di daerah kelahirannya di Solo. Ungkap Kasmujo, tugas akhir Jokowi tidak jauh-jauh menyangkut bahasan mabel. Ia melanjutkan jika Jokowi tergolong mahasiswa yang menonjol. Menurutnya, ada dua tipe mahasiswa yang menonjol, yakni mahasiswa nakal dan sangat cerdas. Untuk Kasmujo, Jokowi adalah mahasiswa di atas rata-rata.

Rentang waktu pengerjaan skripsi tidak lama, Jokowi tergolong sangat disiplin, disamping mahasiswa pada era itu memang cendrung lebih serius. Jokowi mampu menyelesaikan tugas akhir dalam waktu kurang dari satu semester.

Jokowi sempat mengaku harus bolak-balik menemui dosen pembimbing hingga merampungkan tugas akhir. Menanggapi itu, Kasmujo menganggapnya sebagai sesuatu yang relatif. Menurutnya, tak ada yang salah, Jokowi sangat layak disebut mahasiswa yang tanggap.

“Ya itu (bolak-balik menghadap) relatif. Tetapi menurut saya tidak sering kok, cukup bagus dia. Kebetulan dia agak cukup respon,” tutup Kasmujo dari detik.com. Ternyata cuma segini IP Jokowi tapi sudah sangat baik.

Sumber dari: Nulis.co.id/?

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.