Membuka Tirai Kebenaran

Konsel Dapat Bantuan Perumahan Swadaya Sebanyak 720 Unit dari Kemen PUPR

3 min read

LintasIndoNews.com | ANDOOLO, Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) menerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 720 Unit melalui dana APBN Tahun Anggaran 2019 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) pusat.

Pemberian bantuan berdasarkan SK Dirjen Penyediaan Perumahan No : 45/KPTS/DR/2019 Tanggal 19 Juni 2019 tentang penetapan lokasi bantuan untuk wilayah Konsel, yang tersebar di 7 (tujuh) Kecamatan dan 22 Desa.

Bantuan diberikan secara simbolis pada acara sosialisasi dan serah terima buku tabungan (Serbutab) BSPS, yang diserahkan oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, ST., MM bersama Kepala Satuan Kerja Non Vertikal (SNVT) Penyediaan Perumahan Prov Sultra, H. Eka Rahendra, S.ST.,MSP di dampingi Kadis Perumahan Konsel, Ainal Rauf.

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Asingi Kecamatan Tinanggea ini turut dihadiri, PPK Perum Swadaya SNVT PP Sultra, Hj. Musniar Silondae, ST., M.Si dan Kabag Humas, Muh Taufik Amin Lar, AP.,M.Si, Camat Tinanggea Rafiuddin Ramli,S.sos yang disaksikan jajaran Bank Sultra Cabang Tinanggea dan ratusan masyarakat.

Bantuan diberikan berupa Buku tabungan bekerjasama dengan Bank Sultra, yang berisi saldo total sebanyak 17.500.000 (Tujuh belas juta lima ratus ribu rupiah) untuk peningkatkan kualitas rumah bagi warga kurang mampu. Dimana, sebanyak 25 KK Desa Asingi – Tinanggea juga mendapat bantuan serupa.

“Atas nama pribadi, masyarakat dan Pemda Konsel menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas perhatian dan bantuan yang pemerintah pusat berikan, yang merupakan hasil jerih payah kita mengajukan permohonan bantuan belakangan ini,” ujar Surunuddin mengawali sambutannya.

Baca Juga: Harita Nickel dan FTP Unkhair Bekerja Sama Gelar Kuliah Lapangan

Bantuan ini sejalan dengan program kita selain mendorong dan menciptakan kawasan pusat pertumbuhan ekonomi baru, tambah Surunuddin, yang tertuang dalam RPJMD 2016 – 2021, dengan prioritas melakukan renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) menjadi layak huni. Yang saat ini Pemda Konsel melalui ABPD telah melakukan perbaikan sebanyak 7.000 unit RTLH yang tersebar di seluruh kecamatan se-Konsel.

“Kesemuanya kita laksanakan sebagai bagian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memenuhi kebutuhan primernya, meliputi kebutuhan akan pangan, sandang dan papan/rumah, dengan target tahun 2021 atap rumbia se-Konsel tidak akan terihat lagi,” beber Surunuddin.

Tentu, sambungnya, dengan adanya bantuan ini bisa lebih mempercepat dan memudahkan proses rehabilitasi rumah yang menjadi sasaran, untuk itu saya himbau kepada warga penerima agar memamfaatkan dana bantuan hanya untuk pembangunan atau perbaikan rumah, bukan buat keperluan lainnya.

Baca Juga: Kali Pertama, Tim Penggerak PKK Konsel Gelar Jambore Kader

“Dan selaku Pimpinan Daerah, kami mengharapkan program BSPS dapat terlaksana dengan baik dan menghasilkan produk infrastruktur yang berguna bagi masyarakat sebagaimana tujuan dasar program ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala SNVT Sultra, Eka, juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada Pemda Konsel, para fasilitator/pendamping program dan masyarakat yang telah mendukung program ini sehingga dapat berjalan sukses.

Ia juga menyampaikan bahwa total se-Sultra mendapat alokasi bantuan sebanyak 6.000 rumah, termasuk wilayah Konsel dan merupakan yang terbesar alokasinya, yakni sebanyak 720 unit, diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, juga sebagai bagian implementasi program nawacita sejuta rumah oleh Presiden RI, Jokowi.

“Kita bekerjasama dengan Bank Sultra untuk penyalurannya, karena pusat mentrasnfer dananya dengan nilai bantuan perunit sebesar 17.5 juta, dimana 15 juta untuk bangunan fisik dan 2.5 juta untuk upah kerja dari warga setempat, karena mereka dilibatkan secara langsung mulai dari pengerjaan hingga pengawasannya di dampingi fasilitator dari Kemen PUPR,” ungkapnya.

Dan dikesempatan tersebut usai acara penyerahan bantuan, Bupati Konsel bersama Kepala SNVT Sultra dan jajaran Bank Sultra serta para pimpinan OPD, memantau langsung kondisi rumah yang sedang dan akan direhab, termasuk memasang plakat keterangan penerima bantuan di rumah penduduk tersebut.

Baca Juga: Api Yang Tak Kunjung Padam, Arianto tokase S,si Pj Desa Lalosingi Lanjutkan Desa maju konsel hebat

Untuk di ketahui adapun rincian penerima bantuan, Kec Tinanggea meliputi, Kel Tinanggea 25 unit, Kel Ngapaaha 52, Desa Panggosi 25, Asingi 25, Wadonggo 47, Lapoa 25, Roraya 51. Kec Andoolo (Desa Andoolo 45, Lalobao 45, Kel Alangga 45, Kel Potoro 45. Kec Lalembuu, Desa Atari Jaya 30, Kel Atari Indah 30). Kec Buke (Desa Pelandia 25 unit). Kec Palangga ( Desa Eewa 20). Kec Konda (Desa Alebo 45, Cialam Jaya 25, Lamomea 20, Tanea 35) serta Kec Moramo Utara dengan rincian, Desa Puasana, Tanjung Tiram dan Wawatu masing-masing 20 unit.,”pungkasnya. (Edison)

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.