Membuka Tirai Kebenaran

Ojk Beri Saran, Pedagang Pasar Legi Jalin Komunikasi Dengan Bank

1 min read
Foto refrensi pihak ketiga

Solo, Pasca kebakaran pasar legi beberapa waktu lalu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo memberi saran, para pedagang yang menjadi debitur Bank, dalam waktu ini agar menjalin komunikasi yang baik. Agar mendapat kelonggaran waktu.

“Sebelumnya kami turut berduka atas terbakarnya Pasar Legi. Hal tersebut tentunya akan menghambat kelancaran transaksi jual beli, terutama pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat di kota Solo, ” kata Kepala OJK Solo, Laksono Dwionggo kepada wartawan, Sabtu (3/11).

Menurutnya, peristiwa kebakaran itu merupakan kondisi force majeur yang sebenarnya tidak diinginkan oleh pedagang maupun pihak bank. Namun demikian, akibat kebakaran tersebut tentu saja kemampuan pedagang dalam memenuhi kewajibannya (termasuk membayar angsuran kredit) mengalami penurunan.

Menyadari keadaan itu, lanjut dia, sebaiknya para nasabah debitur dapat melaporkan atau datang ke bank. Pasalnya, pihak bank dianggap memiliki mekanisme sendiri untuk mengatasi ketidakmampuan debitur saat memenuhi angsurannya.

“Terkait dengan kebijakan yg dilakukan oleh perbankan, hal yang umum dilakukan adalah melakukan restrukturisasi kredit,” jelasnya.

Kebijakan restrukturisasi kredit yang dimaksud, menurutnya dapat memberi waktu nasabah untuk tidak membayar angsuran selama beberapa bulan, memberikan pembebasan bunga, memberi kesempatan debitur untuk membayar bunga saja, atau kebijakan lainnya, yang tentu saja didasarkan atas hasil evaluasi pihak bank.

Sumber: timlo.net

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.