Membuka Tirai Kebenaran

P3A “BARENG MAKARYO” Miliki Sarana Pengairan Yang Memadai, Hasil Pertanian Meningkat Petani Tersenyum Lega

2 min read

Saat di konfirmasi di lokasi

LintasIndoNews.com | Sragen, Terwujudnya sarana infrastruktur fisik pengairan yang lengkap dan memadai, menjadi penunjang optimalisasi para petani dalam mengolah hasil pertanian.

Dengan daya dukung saluran irigasi yang lancar serta tertata maka kaum petani semakin dapat meningkatkan kesejahteraannya di bidang ekonomi sehingga apa yang di kehendaki Pemerintah dalam program P3 TGAI dapat terwujud dengan nyata.

P3A “Bareng Makaryo” salah satu perkumpulan petani pengguna air di wilayah Desa Karangpelem kecamatan kedawung kabupaten sragen, adalah salah satu P3A yang tengah mengerjakan pembangunan saluran irigasi tersier.

Dimana kegiatan tersebut di kerjakan dengan cara swakelola padat karya. Program kegiatan tersebut dilaksanakan oleh pengurus Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) yang di pimpin oleh ketus Sutarjo dan Bendahara Sumadi.

Di jumpai di lokasi kegiatan Ketua P3A Sutarjo mengatakan, sarana irigasi yang baik sangat mendukung hasil produksi pertanian yang selama ini menjadi andalan masyarakat petani Desa Karangpelem.

“Dengan adanya perbaikan pembangunan saluran irigasi tersier ini maka harapan kami air akan menjadi lebih lancar tanpa kendala menuju area persawahan petani, ” Ungkapnya.

Lebih lanjut, Sutarjo juga menyampaikan, terjaminnya penyediaan air irigasi di upayakan melalui peran P3A yang mengelola atau memelihara jaringan irigasi tersier dan mencari solusi secara lebih mandiri terhadap persoalan persoalan menyangkut air irigasi yang muncul di tingkat usaha tani,

“Peningkatan produksi pangan akan tercapai dengan baik apabila sarana prasarana jaringan irigasi pengairan tersedia lengkap dan memadai, ” Ujarnya.

Saat di singgung terkait dengan pengerjaan bantuan dari Pemerintah, Sutarjo menimpali, pihaknya mengerjakan pembangunan dan perbaikan jaringan irigasi secara optimal sesuai dengan aturan aturan.

“Dengan di dukung segenap petani di Desa Karangpelem, kami yakin hasil pekerjaan tersebut dapat lebih berkualitas serta bermutu. Karena, jaringan irigasi ini adalah sarana vital kami sendiri yakin para petani untuk meningkatkan hasil pertanian,” Jelas dia.

Kemudian, Sutarjo juga memiliki Harapan sebagai petani pengguna air adalah semoga dengan adanya pembangunan irigasi maka pertumbuhan serta peningkatan hasil pertanian khususnya di Desa Karangpelem dapat semakin lebih baik dan optimal, urainya.

Di kesempatan yang sama, saat di konfirmasi bendahara P3A Sumardi memaparkan harapannya, terkait dengan keberlangsungan usaha pertanian.

”Kami para petani juga berharap yakni agar Pemerintah bisa menambah kuota pupuk bersubsidi bagi petani. Karena selama ini ketersedian pupuk bersubsidi masih kurang khususnya di desa ini, ” ungkapnya mengakhiri perbincangan.

 

Reporter: Hadi Mursito

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.