Membuka Tirai Kebenaran

Puting Beliung Ngamuk di Boyolali Utara

1 min read

LINTASINDONEWS.com, BOYOLALI – Bencana angin beliung melanda Desa Jerukan, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali. Akibat kejadian ini sedikitnya lima bangunan rumah roboh dan beberapa rumah lainnya rusak berat dan ringan. Minggu (10/11) Pukul 16.30 WIB.

Dilansir dari suarariau.com Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali Bambang Sinungharjo, mengatakan wilayah Boyolali utara itu sempat dilanda hujan deras disertai angin kencang.

“Akibatnya lima bangunan rumah warga roboh. Musibah ini terjadi pada hari Sabtu sore sekitar pukul 16.30 WIB, ” ungkapnya.

Sinung menyebut lima bangunan rumah yang roboh itu milik Nardi, Nuri, Sawali, Parman dan Mungin. Tim TRC BPBD dan warga telah melakukan giat bersih puing puing bangunan. Pemerintah bersama warga akan melakukan pembangunan kembali rumah semi permanen.

“Tidak hanya merobohkan lima bangunan rumah saja, juga mengakibatkan belasan rumah lainnya mengalami kerusakan. Ada yang rusak pada bagian atapnya saja dan ada pula yng bagian dinding mengalami kerusakan,” Jelasnya.

“Hempasan angin sangat kuat sekali. Sehingga bangunan rumah yng rata rata terbuat dari bahan kayu dan bambu tak mampu menahan kuatnya hempasan angin,” katanya.

Sinung meminta masyarakat terus waspada setiap hujan turun. Sebagai langkah antidipasi bencana, pohon pohon besar yang sudah tua supaya dipangkas rantingnya untuk mengurangi beban pohon saat ada angin kencan.

“Pemkab Boyolali terus melakukan pemangkasan ranting ranting pohon yng dianggap membahayakan,” pungkasnya. (SR)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.