Membuka Tirai Kebenaran

Api Yang Tak Kunjung Padam, Arianto tokase S,si Pj Desa Lalosingi Lanjutkan Desa maju konsel hebat

2 min read

LintasIndoNews.com | ANDOOLO, Pemerintah Desa lalosingi Kecamatan Mowila Kabupaten Konawe Selatan, program Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN , tahap pertama dan kedua tahun 2019 ini, dari anggaran APBN sudah direalisasikan bahkan sudah di manfaatkan untuk pemberdayaan Desa Lalosingi.

Dalam pantauan media ini, terlihat salah satu pengalokasianya untuk pengadaan tiang lampu Penerengan jalan secara gratis di setiap titik. Semua itu tak lepas dari kiprah Arianto tokase S,si selaku Pj. Kades Lalosingi, hal ini menurut warga sekitar sudah terlaksana tepat sasaran.

Baca Juga: Jika di Jagokan,Teguh Prakosa Siap Jadi Calon Wali Kota ataupun Wakil Wali Kota Solo

Ketika di temui media ini di kediamannya Arianto biasa ia disapa menyampaikan, Dana desa tahap pertama sudah direalisasikan sesuai perencanaan. Yakni di kerjakan untuk drainase telah selesai walaupun pencairan baru 20 persen.

” Dana Desa tahap kedua, dananya baru dalam pengurusan, sesuai program yang ada, pengalokasian  Dana desa tersebut akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan di beberapa titik yang sudah direncanakan dari sebelumnya, yakni pembangunan Drainase volume 1.000 meter, sudah direalisasikan dari Dana Desa tahap pertama,” jelas Arianto. Senin (22/7).

Baca Juga: Decoupage: Sarana Pengelolaan Sampah Anorganik di Desa Jatirejo Kulon Progo

Dikatakannya lagi, masih ada program
pembangunan yang harus di wujudkan seperti pengadaan KWH listrik 38 unit setiap rumah warga, sudah di kerjakan terlebih dahulu, meskipun dananya turun di tahun 2020 mendatang, ini semua berdasarkan musyawarah desa, bahkan Desa telah berencana kedepan, untuk pemanfaatan Dana Desa Tahap ke tiga rencananya akan digunakan untuk pemerataan insfratruktur hingga ke desa yang di anggap perlu untuk di bangun sebagai sarana prasarana infrastruktur guna kelancaran bagi masyarakat beraktifitas, karena mayoritas masyarakat Desa lalosingi, merupakan masyarakat yang mata pencahariannya sebagai Petani dan pedagang sehingga sangat bermanfaat bagi masyarakat pembangunan Infrastruktur untuk kelancaran aktivitas berusaha.

 

“Demi menunjang perekonomian masyarakat, menurut saya program pembangunan yang direalisasikan dari dana desa sudah melalui hasil keputusan warga masyarakat sehingga proses pengalokasiannya warga desa lalosingi setempat tidak perlu meragukan lagi, seperti pembangunan yang ada di dekat rumahnya karena sudah termasuk program, terbukti sukses di bangunan dari anggaran Dana Desa tahap satu, ” Ujar Arianto.

Baca Juga: Remaja dan Kopi, Jika Kecanduan Apa Dampaknya? ini Dia

Masih apa kata dia, Pengadaan Tiang Lampu Penerangan Jalan ada 4 titik dana pencairan 40 persen dilaksanakan sesuai harapan, sementara program tahap kedua tetap meneruskan pembangunan sesuai hasil rapat yang tertuang di dalam.

” Perencanaan Seperti pembangunan lampu jalan penerangan empat unit dari usulan masyarakat, dengan pembagunan Drainase volume panjang 1.000 meter, insya allah terpenuhi, yang keseluruhannya itu pembangunan sudah rampung pengerjaannya, 20% tahap satu dan sementara dalam pengurusan untuk tahap dua anggaran alokasi dana desa dan dana desa, akan direalisasikan pembangunan Drainase dan pengadaan lampu jalan untuk pemberdayaan, ” Pungkasnya. (Edison)

Baca Juga: 3.750 Kader PKK Konsel Ikuti Pembukaan “Kader Hebat PKK Maju”

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.