Bank Sampah Mawar Kini Maju dan Berkembang, Sebagian Bisa Untuk Bantu Masjid Sapujagad

BOYOLALI, Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah seperti halnya yang di lakukan warga Perum Persada Asri Gupitsari RT 009 RW 002 Desa Teras Kecamatan teras Kabupaten Boyolali.

Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah. Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan, dan kegiatan ini di dukung sepenuhnya oleh Kades Teras Santoso serta Kadus Riyanto.

Untuk tenaga Penyetor adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi bank serta mendapat buku tabungan seperti menabung di bank.

Tujuan utama pendirian bank sampah adalah untuk membantu menangani pengolahan sampah. Tujuan bank sampah selanjutnya adalah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih.

Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis.

Bank sampah memiliki beberapa manfaat bagi banyak orang dan juga lingkungan hidup, seperti membuat lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis.

Untuk pengelolaan bank sampah ini di Motori oleh keluarga besar Janter RS, yakni Suharti selaku Istri dan Indri IPS, A.Md serta menantu perempuan Wahyu Erla Febrilia DS.

Untuk kegiatan kali ini berada di kediaman Indri IPS dan di lanjutkan kegiatan senam para ibu PKK, dan berkoordinasi tentang pendapatan dana Bank sampah, sebagian di gunakan untuk membantu masjid sapujagad serta untuk refreshing piknik bersama. Minggu (2/2/2022).

 

Kontributor: Janter RS

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *