Bupati Bangli Hadiri Mahasabha V Warga Sira Bang Agra Manikan Pusat Provinsi Bali

Bangli – Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE menghadiri Mahasabha V Mahakerta Warga  Danghyang Manik Angkeran Sidhimantra Warga Sira Bang Agra Manikan Pusat Provinsi Bali yang bertempat di Pura Hyang Tegal Dalem Lagaan Banjar Tegal Kelurahan Bebalang Bangli.Minggu (20/2/22).

Acara yang diawali dengan tari penyambutan berjudul tari selat segara, serta tari palawakya yang dibawakan oleh sanggar tabuh dan tari Semeton Sira Bang Agra manikan Banjar Batu Sepih Desa Adat Sumampan Gianyar  tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Bangli Fraksi PDI Perjuangan I Gusti Nyoman B Triyana Putra,SIP yang juga sebagai warih Pasemetonan Arya Wang Bang Wayabya,Ida Rsi Agung Putra Pinatih, Ida Rsi Agung Wayabya Suprabu Sogata Karang, Ida Rsi Agung Putra Siddhimantra Manuaba, para Pinandita Penglingsir  Maha kertawarga Sanghyang Bang Manik Angkeran Siddhimantra ( catur warga bang),Manggalaning Pasemetonan  Arya Wang Bang Pinatih, Arya Wang Bang Sidemen, Arya Wang Bang Wayabya, Sira Bang Agra manikan,Manggala Catur Warga Kabupaten Bangli,Camat Bangli, Lurah Bebalang,Bendesa Desa Adat Bebalang, Kelian Adat Tegal, Kepling Tegal, Kelian Baleangkep Banjar Adat Tegal, serta undangam lainnya.

Ketua Panitia Mahasabha I Made Merta Astawa Manik, S.Pd, M.Pd  dalam laporannya menyampaikan  Organisasi Mahakertawarga Danghyang Bang Manik Angkeran Siddhimantra- Warga Sira Bang Agra Manikan, merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan.

” Adapun tujuan Organisasi ini adalah untuk menyatukan seluruh keturunan Danghyang Bang Manik Angkeran, membantu pemerintah untuk ikut berperan serta dalam pembangunan sosial kemasyarakatan serta ikut serta mengajegkan Bali dengan Adat dan Budayanya sesuai ajaran leluhur, “katanya.

 

Merta Astawa  menambahkan sampai saat ini, keberadaan Warga Sira Bang Agra Manikan yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di seluruh Provisi Bali tercatat sebanyak 78 Dadia/Paibon/Merajan/Pura/Panti, dengan pangempon kita kira 50-60 KK setiap Dadia/Paibon/Merajan/Pura/Panti, kira kira ada sebanyak 4.000 KK lebih. Sebagai sebuah organisasi modern yang memiliki jumlah anggota yang sangat banyak, merupakan suatu kewajiban untuk tetap harus menjalankan roda organisasi.

“Salah satu kegiatan organisasi adalah melaksanakan hak dan kewajiban sesuai dengan yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Salah satu kewajiban organisasi adalah melaksanakan Mahasabha. Mahasabha merupakan kegiatan organisasi tertinggi yang bertujuan untuk mengesahkan/merevisi AD/ART, memilih dan mengesahkan  Pengurus, membuat Program Kerja dan lain lain,”sambungnya.

 

Sementara itu Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya memberikan apresiasi serta mengucapkan selamat dan sukses atas diselenggarakanya Mahasabha V Mhakerta Warga  Danghyang Manik Angkeran Sidhimantra Warga Sira Bang Agra Manikan Pusat Provinsi Bali yang diselenggarakan di Kabupaten Bangli.

 

“semoga melalui mahasabha paiketan pasemetonan ini masyarakat bisa menjalin rasa persaudaraan dan persatuan dalam mendukung program pemerintah Kabupaten Bangli  melaksanakan pola pembengunan semesta berencana Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli menuju Bangli Era Baru,”katanya.

Bupati Bangli Hadiri Mahasabha V Warga Sira Bang Agra Manikan Pusat Provinsi Bali

Bangli – Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE menghadiri Mahasabha V Mahakerta Warga Danghyang Manik Angkeran Sidhimantra Warga Sira Bang Agra Manikan Pusat Provinsi Bali yang bertempat di Pura Hyang Tegal Dalem Lagaan Banjar Tegal Kelurahan Bebalang Bangli.Minggu (20/2/22).

Acara yang diawali dengan tari penyambutan berjudul tari selat segara, serta tari palawakya yang dibawakan oleh sanggar tabuh dan tari Semeton Sira Bang Agra manikan Banjar Batu Sepih Desa Adat Sumampan Gianyar tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Bangli Fraksi PDI Perjuangan I Gusti Nyoman B Triyana Putra,SIP yang juga sebagai warih Pasemetonan Arya Wang Bang Wayabya,Ida Rsi Agung Putra Pinatih, Ida Rsi Agung Wayabya Suprabu Sogata Karang, Ida Rsi Agung Putra Siddhimantra Manuaba, para Pinandita Penglingsir Maha kertawarga Sanghyang Bang Manik Angkeran Siddhimantra ( catur warga bang),Manggalaning Pasemetonan Arya Wang Bang Pinatih, Arya Wang Bang Sidemen, Arya Wang Bang Wayabya, Sira Bang Agra manikan,Manggala Catur Warga Kabupaten Bangli,Camat Bangli, Lurah Bebalang,Bendesa Desa Adat Bebalang, Kelian Adat Tegal, Kepling Tegal, Kelian Baleangkep Banjar Adat Tegal, serta undangam lainnya.

Ketua Panitia Mahasabha I Made Merta Astawa Manik, S.Pd, M.Pd dalam laporannya menyampaikan Organisasi Mahakertawarga Danghyang Bang Manik Angkeran Siddhimantra- Warga Sira Bang Agra Manikan, merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan.

” Adapun tujuan Organisasi ini adalah untuk menyatukan seluruh keturunan Danghyang Bang Manik Angkeran, membantu pemerintah untuk ikut berperan serta dalam pembangunan sosial kemasyarakatan serta ikut serta mengajegkan Bali dengan Adat dan Budayanya sesuai ajaran leluhur,”katanya.

Merta Astawa menambahkan sampai saat ini, keberadaan Warga Sira Bang Agra Manikan yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di seluruh Provisi Bali tercatat sebanyak 78 Dadia/Paibon/Merajan/Pura/Panti, dengan pangempon kita kira 50-60 KK setiap Dadia/Paibon/Merajan/Pura/Panti, kira kira ada sebanyak 4.000 KK lebih. Sebagai sebuah organisasi modern yang memiliki jumlah anggota yang sangat banyak, merupakan suatu kewajiban untuk tetap harus menjalankan roda organisasi.

“Salah satu kegiatan organisasi adalah melaksanakan hak dan kewajiban sesuai dengan yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Salah satu kewajiban organisasi adalah melaksanakan Mahasabha. Mahasabha merupakan kegiatan organisasi tertinggi yang bertujuan untuk mengesahkan/merevisi AD/ART, memilih dan mengesahkan Pengurus, membuat Program Kerja dan lain lain,”sambungnya.

Sementara itu Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya memberikan apresiasi serta mengucapkan selamat dan sukses atas diselenggarakanya Mahasabha V Mhakerta Warga Danghyang Manik Angkeran Sidhimantra Warga Sira Bang Agra Manikan Pusat Provinsi Bali yang diselenggarakan di Kabupaten Bangli.

“semoga melalui mahasabha paiketan pasemetonan ini masyarakat bisa menjalin rasa persaudaraan dan persatuan dalam mendukung program pemerintah Kabupaten Bangli melaksanakan pola pembengunan semesta berencana Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli menuju Bangli Era Baru,”katanya.

 

Penulis: Dewa

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.