Membuka Tirai Kebenaran

Bupati Konsel Hadiri HUT Ke-42 Transmigrasi Roraya I

2 min read

LintasIndoNews.com | Konawe Selatan, Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, ST.,MM menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Transmigrasi Roraya I (Satu) yang ke-42 di Desa Mekar Jaya Kecamatan Baito. Senin (29/7/2019) Malam.

Kegiatan turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, M.Si, para anggota legislatif, tokoh masyarakat, adat dan tokoh agama setempat.

Mengawali sambutannya, Surunuddin menyampaikan rasa syukur, karena tak terasa masyarakat transmigran Roraya I asal Kabupaten Bantul – Yogyakarta telah mendiami wilayah Kecamatan Baito selama 42 Tahun dengan kondisi Desa dan masyarakat yang telah maju pada sisi pembangunan dan perekonomiannya, jauh beda saat pertama kali daerah tersebut terbentuk.

Baca Juga: Peran Serta Babinsa Serengan Dalam Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

“Alhamdulillah, hari ini kita memperingati terbentuknya wilayah transmigrasi ini dan untuk mengenang kembali awal kedatangan saudara di bumi konsel, khususnya Baito yang tidak terasa sudah memasuki usia 42 tahun, dalam keadaan yang lebih baik dibanding masa itu,” ujar Surunuddin.

Sekaligus mengingatkan sejarah perjuangan kami pada kala itu dalam membentuk daerah ini di tahun 1976 melalui proyek transmigrasi Dinas PU Prov Sultra dengan mengambil nama Roraya, yang dulunya hanya hutan bambu.

“Acara ini juga sebagai ajang reuni bagi diri pribadi, karena mengingatkan perjuangan saya masa lalu sebagai salah satu inisiator terbentuknya kawasan pemukiman ini dengan usia masih 22 tahun, saat masih bekerja di Dinas PU Sultra, dengan mengambil nama Trans Roraya karena sumber irigasi pertaniannya dari Sungai Roraya,” ungkapnya.

Patut kita syukuri bersama, tambahnya, karena apa yang kita gagas waktu itu dengan berbagai problema bisa di rasakan dampaknya, yang mana hari ini, bisa kita lihat kemajuan daerah yang berkembang begitu pesat dan telah melahirkan putra/i yang turut berperan serta membangun daerah Konsel.

Baca Juga: TPK Desa Mataiwoi Selesaika Dana Desa Tahap Kedua, Kades Juga Aktif Dalam Kegiatan

Dimana, daerah ini akan terus kita dorong perekonomiannya, termasuk akan dibangunnya rumah pemotongan hewan (RPH) serta memberikan pelatihan kewirausahaan bagi kaum muda dan membantu permodalannya agar dapat memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan.

Untuk itu, tandas Surunuddin, mari bersama-sama terus membangun Konsel dengan mendukung setiap program kerja yang telah dan akan kita canangkan dengan konsep pembangunan infrastruktur dan SDM yang di mulai dari Desa baik dari segi pendidikan, kesehatan maupun pertanian dan perkebunan, menuju terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat yang masyarakatnya beradab, unggul dan sejahtera.

Diakhir sambutannya, karena akan memasuki tahun politik Pilbup tahun 2020, Surunuddin berpesan kepada warga Trans agar senantiasa menjaga persatuan, kebersamaan dan kekompakkan dengan tidak ikut mengkotak-kotakkan diri dengan istilah putra/i Konsel yang nota bene masyarakatnya heterogen, sehingga dapat memicu keretakan hubungan dan mengancam keamanan dan ketertiban.

Baca Juga: Sekda Buka Muscab IV IDI Cabang Konsel

Untuk diketahui, Transmigrasi Roraya I, saat ini sudah dimekarkan menjadi 3 Desa, yakni Desa Mekar jaya, Ahuangguluri dan induknya Desa Wonua Raya. Dan dalam kesempatan tersebut Surunuddin menyalurkan bantuan 50 sak semen untuk perbaikan embung Desa Ahuangguluri yang mengalami sedikit kerusakan, serta meninjau rencana pembangunan embung di Desa Wonua Raya yang akan menelan anggaran -/+ 5 Milyar. (Edison)

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.