Destinasi Wisata Desa Anggrasmanis, Pesona Alam Sejukkan Mata Memandang

SUARA DESA

Wisata desa Anggrasmanis

 

KARANGANYAR, Bila kita ingin menyatu dengan alam sekaligus wisata religi, datang saja di desa Anggrasmanis kecamatan jenawi kabupaten karanganyar, kita akan menyusuri jalur pendakian baru menuju puncak Gunung Lawu dari Dusun Babar, Desa Anggrasmanis, Jenawi memiliki keistimewaan.

Agus Warsito kades anggrasmanis

Nah di situ kita akan menemukan situs petilasan Prabu Brawijaya moksa di awal alur pendakiannya. Oleh Pemerintah Desa Anggrasmanis, situs tersebut dikemas dalam suguhan paket wisata alam dan religi.

“Wisata religi ini masih lestari hingga saat ini, yakni masih ada kegiatan ritual di tempat itu terutama di bulan suro, dan masyarakat masih tetap percaya dengan keberadaan petilasan prabu Brawijaya moksa, ” Jelas Agus Warsito Kepala Desa Anggrasmanis. Jumat (16/10/2020).

Pesona Alam desa anggrasmanis

Selain wisata religi, air terjun yang cantik dan tak kalah menarik adalah air terjun yang berada di Anggrasmanis, selain itu ada bukit perkemahan yang sangat cocok untuk kegiatan camping, adapula jembatan yang cocok untuk berselfie ria.

Bila di lihat secara geografis desa Anggrasmanis berada di ujung tenggara Kecamatan Jenawi. Di sisi timur, wilayahnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Desa Gumeng, Jenawi. Di sebelah barat berbatasan dengan Desa Jenawi, Jenawi. Sedangkan di sebelah utara berbatasan dengan Desa Sidomukti, Jenawi.

Dan masyarakat desa Anggrasmanis mayoritas sebagai petani, untuk itu Agus Warsito ingin sekali membudidayakan tanaman kopi. Menurutnya banyak yang berpendapat kopi di desa Anggrasmanis memiliki cita rasa khas tersendiri.

“Kami ingin para petani bisa berkolaborasi dengan para pelaku UMKM, dimana kopi kedepan bisa menjadi komoditaa yang menjanjikan, kopi yang ingin kami tanam adalah kopi jenis arabika, ” Pungkasnya. (Red)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.