Inovasi di Era Pandemi: Peningkatan Hasil  Belajar Tematik Melalui Penggunaan Aplikasi Zoom  Berbantukan Media Power Point Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 3 Lajer Kecamatan Penawangan Tahun Pelajaran 2020/2021

OPINI

Oleh: Ria Inarotul Ulya, S.Pd.

SD Negeri 3 Lajer Jawa Tengah

 

OPINI, Pandemi Covid-19 atau yang lebih dikenal sebagai virus corona yang melanda dunia sudah lebih dari delapan bulan terakhir ini berdampak terhadap perubahan aktifitas belajar-mengajar. Tak terkecuali di negeri ini, sejak Maret aktifitas pembelajaran daring (online learning) menjadi sebuah pilihan kementerian pendidikan dan kebudayaan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 semakin meluas.

Sebagai pengatur dan sekaligus pelaku dalam proses belajar mengajar, gurulah yang mengarahkan bagaimana proses belajar mengajar itu dilaksanakan. Oleh karena itu guru harus kreatif, selektif dan inovatif dalam pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang disampaikan terutama pada saat sekarang ini yaitu pembelajaran melalui daring.

.Untuk mengatasi hal tersebut,sebaigamana yang telah dilaksanakan di SD Negeri 3 Lajer Kecamatan Penawangan aplikasi Zoom dapat digunakan sebagai alternatif untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran online/daring. Bukan tanpa alasan dipilihnya aplikasi Zoom ini, selain fitur-fitur lain yang ditawarkan, aplikasi ini memungkinkan guru berinteraksi lebih komunikatif, guru juga  dapat memantau aktifitas siswa selama pembelajaran daring. Tentu saja aplikasi ini dapat dikombinasikan dengan berbagai media salah satunya dengan powerpoint yang di dalamnya dapat pula disisipkan slide berisi video pembelajaran yang sarat dengan unsur TPACK.

Pada observasi awal sebelum penggunaan media power point hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri 3 Lajer masih rendah yaitu dengan rata-rata kelas 61,42 dengan 3 siswa tuntas atau 20% dari seluruh siswa. Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah peneliti lakukan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi zoom berbantukan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Lajer. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari indikator ketuntasan hasil belajar siswa yakni dari kegiatan siklus I 20,0% menjadi 66,67%, terjadi peningkatan 46,67%, kemudian dari siklus II 66,67% menjadi 93,34% pada siklus III, terjadi peningkatan 26,67% .

Terlepas dari aplikasi Zoom berbantukan media powerpoint yang telah dipaparkan penulis, inovasi dalam pembelajaran sangatlah diperlukan, dengan adanya inovasi dalam pembelajaran diharapkan dapat meningatkan kualitas pembelajaran siswa khususnya di masa adaptasi kebiasaan baru (New Normal).

Semoga pandemi ini cepat berlalu, musnahlah dari Bumiku.
Teruslah berinovasi wahai guru agar negeriku berjaya Selalu !.

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.