Membuka Tirai Kebenaran

Kades Toluwonua, Bangun Desa Intensifkan Ekonomi Kerakyatan

2 min read

Kades Toluwonua Jainuddin

LintasIndoNews.com | Konawe Selatan – Andoolo, Pemerintah Desa Toluwonua oleh  jainuddin menjabat sebagai kepala desa Toluwonua kecamatan Mowila kabupaten konawe selatan (Konsel), provinsi sulawesi tenggara (Sultra) senantiasa melibatkan seluruh elemen terkait dalam setiap pemgambilan keputusan.

Sebab menurut dia,  keputusan yang telah di ambil dalam rapat musyawarah tertentu lebih baik ketimbang keputusan secara individu, setiap pemerintah desa masing masing memiliki strategi dalam kepemimpinanya.

Demikian halnya jainuddin, dalam menjalankan roda kepemimpinanya, ia selalu mengacu pada hasil musyawarah dengan melibatkan tokoh masyarakat dalam hal perencanaan program pembangunan yang akan dicanangkan kedepan , sebab menurutnya kemajuan pembangunan dapat dicapai tidak terlepas dari dukungan masyarakat.

Lebih lanjut, jainuddin mengemukakan program kerja skala prioritas tahun anggaran 2019 yang telah dicanangkan adalah deuker plat 4 unit pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) 3 unit Pengadaan (KWH),listrik 7 buah pembangunan Drainase 100, meter, jumlah kk 132 wajib pilih 388 jumlah jiwa12, mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk turut berpartisipasi dengan bersinegritas guna terlaksananya semua program pembangunan yang telah berjalan sehingga dapat sesuai yang diharapkan. Kedepan pihaknya juga akan mengupayakan peningkatan pembangunan sarana prasarana infrastruktur lainya yang masyarakatnya mayoritas berprifesi sebagai petani kebun.

Lebih dalam Jainuddin juga menyatakan Untuk program kerja pemerintahan desa, tetap di utamakan musyawarah mufakat serta memberikan hak aparat sesuai tugas pokok dan fungsinya masing masing, yang menjunjung kedisiplinan dan memegang teguh prinsip etos kerja sebagai kunci keberhasilan memimpin desa ini.

“Alokasi dana desa (DD), Toluwonua tahun 2019 terus menyelesaikan target yaitu program pembangunan dan pemberdayaan kepada masyarakatnya untuk mencapai masyarakat yang lebih baik,”.Saat ditemui oleh awak media ini, Minggu (4/8/2019).

Seperti telah tertuang dalam undang undang Desa, dalam pantauan medi ini  untuk Desa Toluwonua telah menenpatkan sebagai ujung tombak pembangunan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa Toluwonua yang berikan kewenangan dan sumber dana yang memadai agar dapat mengelolah potensi yang dimilikinya guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Setiap tahun pemerintah (pusat),telah mengalokasikan dana desa yang cukup besar untuk diberikan melalui daerah kabupaten kota dan kemudian ditransfer ke desa. (Edison)

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.