Kelompok Tani Mulyo di Desa Gawan Secara Swadaya Bangun Talud Jalan di Areal Persawahan

OTONOMI DAERAH

Sragen l LintasIndonews.com Pemerintah Desa Gawan, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah mengapresiasi dengan berjalannya pembangunan Talud dijalan area Persawahan tepatnya di Dukuh Ngipang , secara swakelola yang bersumber dari dana Kelompok Tani Mulyo.

Saat musim panen tiba, para petani Dukuh Ngipang selalu terkendala akses jalan yang belum memadai, kerap kali mereka bersusah payah melalui jalan yang sempit dalam mengangkut hasil panen maupun mangangkut pupuk.

Kepala Desa Gawan, Sutrisno S.Sos mendukung penuh adanya pembangunan talud persawahan, yang bertujuan memudahkan akses transportasi.

“Talud jalan persawahan tersebut di bangun dengan tujuan memperkuat jalan, agar tidak cepat ambles atau longsor, karena kondisi tanah yang tidak stabil, juga karena posisi tanah di kiri kanan jalan kedalamannya yang tidak sama ada yang curam ada yang dangkal, “ungkapnya, (13/10/21).

Masih kata dia, dengan Pembangunan talud tersebut, bisa memudahkan para petani untuk mengangkut pupuk dan hasil pertanian pada saat musim panen tiba.

“Mengingat Dukuh Ngipang sendiri merupakan kawasan pertanian penghasil produksi Padi dan Palawija. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan bagi para petani, khususnya kelompok Tani MULYO Dukuh Ngipang sendiri. Selain itu juga talud berfungsi sebagai penahan badan jalan dari kerusakan pada musim hujan tiba, “pungkasnya.

Pewarta ( Sriyadi Kenul )

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.