Membuka Tirai Kebenaran

Menggapai Mimpi Melalui Ormas Sapu Jagad Dengan Melindungi, Menguatkan dan Membesarkan

2 min read

Penulis: Janter Rudi Suharto Dewan Penasehat DPD Sapu Jagad Boyolali

OPINI, Setiap organisasi kemasyarakatan (Ormas) diatur Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013? Inilah yang  menjadi topik bahasan kali ini, saya Janter Rudy Suharto sebagai dewan Penasihat DPD Ormas Sapujagad Boyolali, berharap kedepan bangsa ini berjalan sesuai tujuan UUD 45.

Bila kita berbicara tentang Ormas dalam UU Ormas dikatakan bahwa Ormas adalah wadah dalam menjalankan kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat, organisasi kemasyarakatan berpartisipasi dalam pembangunan untuk mewujudkan tujuan nasional dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Ormas bersifat sukarela, sosial, mandiri, nirlaba, dan demokratis. Ormas bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat, memberikan pelayanan kepada masyarakat. Menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, melestarikan dan memelihara norma, nilai, moral, etika, dan budaya yang hidup dalam masyarakat.

Ormas juga bertujuan untuk melestarikan sumber daya alam dan lingkungan hidup, mengembangkan kesetiakawanan sosial, gotong royong, dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, menjaga, memelihara, dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, dan mewujudkan tujuan negara.

Organisasi Kemasyarakatan atau Ormas berperan penting dalam ikut membangun peradaban Bangsa Indonesia.

Untuk itu kita dalam Ormas sapu Jagad, kita harus mewujudkan visi dan misi sesuai potensi para anggota, dengan saling melindungi, saling menguatkan, dan saling membesarkan.

Selain itu, kita harus mengikuti pola yang di tanamkan oleh ketua umum kita, tentang berorganisasi hendaknya memiliki empat unsur tokoh, seperti Abu Bakar Ash-Shiddiq orang yang di tuakan (sesepuh), Usman bin ‘Affan orang yang siap berkorban dengan hartanya. Umar bin Khattab orang berani dan kuat dan kemudian Ali bin Abi Talib yan memiliki kecerdasan tinggi.

Jika kita sudah memiliki kriteria empat hal diatas niscaya Ormas kita Sapujagad akan bergerak dengan baik. Maka terwujud lah apa yang  akan kita capai, yakni peran serta kita dalam membangun peradanan bangsa. (***)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.