Membuka Tirai Kebenaran

Patung Keris Di Jembatan Tertonadi Solo Tuai Kritik

2 min read

LINTASINDONEWS.com, SOLO – Tokoh masyarakat kota Solo dan juga pemberhati seni dan budaya dan sebagai Ketua Yayasan Forum Budaya Mataram
BRM. Kusumo Putro SH. MH, mengatakan kepada wartawan, ia senantiasa selalu berupaya, agar seni dan budaya warisan leluhur tidak akan pernah punah, lantaran tergerus era modern. sebagai Kota Budaya, diantaranya salah satu Peninggalan Budaya yg luar biasa dari Kota solo adalah ” Keris “, dimana Keris merupakan salah satu Karya seni milik Bangsa Indonesia yg sangat dikagumi dan Terkenal di seluruh Dunia yg merupakan Peninggalan Leluhur Kebanggaan seluruh anak Bangsa.

Namun demikian, ada yang terlihat janggal di kota Solo urainya, kota Solo yang merupakan kota terkenal pusat seni dan budaya ini,

Pihaknya ikut prihatin bila sebagai warga solo melihat Patung Keris yg sangat besar yg berada di Jembatan Tirtonadi itu.

“Menurut saya itu Bukan Patung Keris, karena Kalau sesuai dgn Pakem tentang Keris tidak ada pamor dan dapurnya.

Patung Keris yang berdiri dijembatan Tertonadi rersebut, tidak ada model atau bentuk Keris”

Oleh karena itu imbuhnya, sebaiknya Patung Tersebut di pugar dan diperbaiki karena tidak sesuai dengan pakem keris, agar tidak Merusak citra Keris sebagai Peninggalan warisan Karya Seni Budaya Leluhur Bangsa Indonesia.

Bila kita lihat dan sesuaikan dgn dapur pamor, dan bentuknya, menurut saya tidak ada sama sekali Keris seperti itu.

Semoga segera dipugar dan diperbaiki supaya sesuai dengan Model / Bentuk dan Pamor serta Pakem keris yang sesungguhnya, harapnya.

Jangan sampai kita sebagai Warga Solo dan rakyat Indonesia malu karena dianggap tidak Tahu sama sekali Tentang keris yang merupakan Peninggalan Warisan Karya Seni Leluhur bangsa kita sendiri. pungkasnya.

editor: seno

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.