Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi: Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Melalui Media Gambar Dalam Bentuk Power Point Berbantu Zoom Pada Siswa Kelas V Semester 1 SD Negeri Ringinputih 1

OPINI

Oleh Erwina Sulistyaningrum, S.Pd.

SDN Ringinputih 1 Borobudur Magelang

 

OPINI, Pembelajaran Tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Pada masa pandemi virus corona ini pembelajaran yang biasanya dilaksanakan dengan tatap muka didalam kelas, sekarang tidak bisa lagi dilaksanakan karena ditakutkan terjadi cluster baru penyebaran covid 19. Perlu adanya alternatif pembelajaran yang dilakukan agar keberlangsungan pembelajaran untuk siswa tetap bisa dilaksanakan.

SDN Ringinputih 1

Penggunaan media pembelajaran berupa perangkat lunak yaitu microsoft power point memberikan warna berbeda dalam pembelajaran daring satu arah. Penggunaan media Zoom adalah media pembelajaran yang bisa digunakan bertatap muka meski dengan jarak jauh. Penggunaan Aplikasi ZOOM bisa menampilkan power point pada saat pembelajaran daring. Memudahkan guru menyampaikan materi dan siswa lebih tertarik melihatnya daripada hanya mendengarkan dan membaca chat tugas atau mendengarkan voice note yang diberikan guru.

Setelah adanya observasi dan wawancara dengan pihak sekolah SD Negeri Ringinputih 1 Kecamatan Borobudur, ditemukan minimnya  penggunaan media (alat peraga), penggunaan metode pembelajaran yang belum bervariasi, Guru masih dominan  menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi pembelajaran TEMATIK. Karena adanya permasalahan tersebut menuntut kita untuk memecahkannya.  Seperti halnya permasalahan yang terjadi pada siswa kelas V SD Negeri Ringinputih 1 Kecamatan Borobudur, peserta didik merasa kesulitan dalam menerima materi pembelajaran serta kesulitan dalam mengerjakan soal evaluasi, sehingga hasilpun banyak yang dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal. Sebagai penyebabnya tidak hanya karena rendahnya penguasaan materi peserta didik melainkan konsep atau metode pembelajaran yang disampaikan guru dominan (kurang bervariasi). Selain itu dikarenakan tidak menggunakannya media yang dapat mendukung proses pembelajaran, ini terbukti dari 14 siswa yang berhasil 5 siswa sedangkan 9 siswa lainnya masih dibawah kriteria ketuntasan minimal.

Berdasarkan permasalahan pembelajaran tematik di kelas  V SD Negeri Ringinputih 1 Kecamatan Borobudur, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas tentang pembelajaran TEMATIK, “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Melalui Media Gambar Dalam Bentuk Power Point Berbantu Zoom Pada Siswa Kelas V Semester 1 SD Negeri Ringinputih 1 Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.

Selain untuk memperbaiki pembelajaran pada siswa, penelitian tindakan kelas ini juga untuk memenuhi tugas Profesi Guru Dalam Jabatan (PPGDALJAB) 2020. Laporan ini di susun berdasarkan catatan yang dibuat ketika merancang kegiatan perbaikan. Saat pelaksanaan perbaikan, observasi dan kegiatan diskusi dengan observer. Pelaksanaan pembelajaran melalui tindakan kelas dilaksanakan dalam 3 siklus.

Secara keseluruhan kenaikan ketuntasan belajar siswa dari pra siklus ke siklus III mengalami kenaikan 57,14% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 89,3 pada pembelajaran siklus III. Peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus III cukup memuaskan. Dengan siswa yang nilainya belum tuntas masih 1 siswa. Dari keseluruhan pembelajaran, dari pra siklus sampai siklus III hasil belajar siswa terus meningkat.

Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran daring menggunakan media PPT melalu zoom ini tepat digunakan dalam pembelajaran tematik, siswa termotivasi belajar dengan merasa tidak terbebani karena pembelajaran yang inovatif dalam bentuk pembelajaran menggunakan media PPT sangat membantu peserta didik menjadi senang sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan.

Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dapat disimpulkan bahwa: Pembelajaran menggunakan media PPT berbantu zoom dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, dan dapat mengubah perilaku siswa dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring yang semula pada siklus I pada kategori kurang baik menjadi kategori baik. Pembelajaran menggunakan media PPT berbantu zoom dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi, karena menarik siswa sehingga siswa memahami materi pelajaran.

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.