Membuka Tirai Kebenaran

Pemda Konsel Gelar Bursa Inovasi Desa

2 min read

Pemda Konsel Gelar Bursa Inovasi Desa.

LintasInfoNews.com | ANDOOLO –– Untuk meningkatkan pembangunan Desa melalu penggunaan Dana Desa yang efektif dan inovatif, Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) menggelar Bursa Inovasi Desa.

Kegiatan tersebut di pusatkan di Desa Benua Kecamatan Benua, yang dibuka oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, ST., MM di dampingi Kadis PMD, Drs. Asaapi, dan dihadiri para pimpinan OPD, Camat dan Kades lingkup Pemda Konsel, Jum’at (12/7/2019).

“Kegiatan Inovasi Desa ini kita gelar untuk bagaimana mendorong pembangunan lebih maju dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan suatu terobosan yang kreatif dan inovatif dibarengi penyerapan Dana Desa yang efektif dan efisien serta tepat sasaran,” kata Surunuddin mengawali sambutannya.

Dimana, jauh sebelum dilantik saya menggantung suatu cita-cita yang banyak orang mengganggap ide gila dan tidak masuk akal, yakni mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat, namun mereka tidak faham bahwa sasaran ini sudah menasional.

“Yang mana, Kemendes belum melakukan Inovasi dan membentuk pusat kawasan pertumbuhan, Pemda Konsel telah jalankan hal tersebut, yang di ambil dari potensi dan unggulan di Desa masing-masing dan perlahan tapi pasti hal itu akan terwujud hingga dimasa jabatan saya,” imbuh Surunuddin.

Oleh karena itu, kegiatan hari ini perlu digelar, ungkapnya, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas dan pengembangan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas. Sekaligus berharap inovasi dijalankan dilingkungan pemerintah, agar masyarakat tidak lebih pintar dari aparaturnya.

Tentu, Inovasi bisa terealisasi jika kita sama pemikiran dan tidak berjalan sendiri, tandasnya, atau saling bersinergi yang ditunjang dengan pengalokasian dana yang pemamfaatannya harus sesuai penggunaannya, contoh memberikan inspirasi kepada aparatur Desa dengan mengajak masyarakat bercocok tanaman jangka pendek, dengan membuka lahan tidur sekaligus diberikan bantuan agar lebih produktif dan bernilai ekonomis. (Edison)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.