Membuka Tirai Kebenaran

SMAN 1 Cawas Kini Menjadi Sekolah ADIWIYATA

2 min read

Kasek SMAN 1 Cawas Purwanti, S.Pd, M.Pd

KLATEN, Kata ADIWIYATA berasal dari 2 (dua) Kata “ADI” dan “WIYATA”. Adi memiliki makna: besar, agung, baik, ideal dan sempurna. Wiyata memiliki makna: tempat dimana seorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Jika secara keseluruhan ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh secara ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Dalam program ini, diharapakan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia.

Program Adiwiyata harus berdasarkan norma-norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.

Untuk itu, SMAN 1 cawas Klaten yang saat ini di pimpin Purwanti spd,  MPd selaku Kepala Sekolah, juga ikut berperan dalam membawa prestasi ADIWIYATA tingkat Provinsi Jawa Tengah TA 2019/2020.

Untuk menyambut program ini, terlibat juga Wakil Kepala Sekolah sarpras Paryono spd, dibantu oleh Danar Yudi S Kom bagian IT. Semua guru  telah mengintegrasikan RPP  dengan program ADIWIYATA

Waka Kesiawaan, juga program – program kerja ekstrakurikuler di integrasikan dengan ADIWIYATA. Program sekolah hijau,  semua guru ikut berperan  dalam menata sedemikian rupa sehingga menjadikan suasana sekolah menjadi ijo royo – royo,  atau sekolah hijau, seperti penataan taman, pepohonan dan lain – lain yang akhirnya berhasil meraih sekolah ADIWIYATA tingkat Jawa Tengah.

Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah
Tahun 2020, menindaklanjuti hasil penilaian Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah tahun 2020, dalam rangka pengendalian persebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di wilayah Provinsi Jawa Tengah, maka Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020 tidak dapat diserahkan secara langsung.

Penyerahan penghargaan dimaksud telah ditayangkan melalui channe/YouTube akun DLHK Prov Jateng, hari Selasa, 8 September 2020 waktu Pukul 09.00 WIB.  (Tim)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.