Membuka Tirai Kebenaran

Berinovasi di Masa Pandemi Covid 19: Penggunaan Media Power Point dan Aplikasi Penilaian Quizizz, Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muaran Pelajaran IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN Kenep 02, Sukoharjo

3 min read

Oleh: Sri Ningsih, S.Pd.

SDN Kenep 02, Sukoharjo, Jawa Tengah.

OPINI, Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sudah lebih dari tujuh bulan terakhir ini berdampak terhadap perubahan aktifitas belajar-mengajar. Tak terkecuali di Indonesia, sejak bulan Maret aktifitas pembelajaran daring (online learning) menjadi sebuah pilihan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 semakin meluas. Praktik pendidikan daring (online learning) ini dilakukan oleh berbagai tingkatan jenjang pendidikan sejak tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi, meskipun dengan persiapan yang sangat minim.

Pembelajaran daring yang dilaksanakan pada jenjang Sekolah Dasar terasa sangat terbatas jika hanya melalui perpesanan pada Whatsapp Group. Peserta didik merasa bosan ketika setiap hari seolah hanya diberikan tugas dan kemudian dikumpulkan setiap satu minggu sekali dengan cara luring. Hal tersebut menggiring opini bahwa sekolah era pandemic covid – 19 hanya melulu soal tugas saja. Tak sedikit orang tua yang mengeluhkan tentang beban tugas yang seolah menjadi tanggung jawab mereka.

Di tengah kondisi yang seperti ini sebagai seorang pendidik kita dintuntut untuk mampu berinovasi dengan memadukan pengetahuan terkait TPACK ((Technological, Pedagogical, Content Knowledge). Yang mana guru tidak hanya sekadar tau saja tentang teknologi, pedagogi, maupun tentang materi yang akan diajarkan, melainkan harus mampu memadukan ketiga aspek tersebut sehingga dapat menyajikan pengalaman belajar yang bermakna utamanya di tengah pandemi Covid-19 ini.

Seperti yang dilaksanakan di SDN KENEP 02, SUKOHARJO, yakni Pemanfaatan Media Power Point dan aplikasi penilaian quizizz terkait dengan upaya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan berbantu platform zoom meeting.

Tujuan dari penggunaan media power point adalah agar memudahkan pemahaman siswa terkait dengan materi pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai yakni pada kurikulum darurat. Melalui media Power Point Pendidik dapat menyertakan gambar dan video pembelajaran yang variatif disesuaikan dengan materi, sedangkan penggunaan aplikasi penilaian quizizz kami gunakan dengan tujuan untuk menarik minat peserta didik dalam mengerjakan soal ulangan harian. Aplikasi penilaian tersebut sangat menarik untuk dibuka dan dikerjakan, apalagi karakteristik peserta didik Sekolah Dasar masih menyukai hal – hal yang berhubungan dengan game.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai hasil belajar dari siklus I sebesar 75,50, siklus II sebesar 81,61 sedangkan pada siklus III meningkat menjadi sebesar 87,06. Peningkatan juga terlihat pada prosentase Ketuntatasan belajar yakni pada siklus I sebesar 70,58% menjadi 88,23% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 100% pada siklus III. Jumlah ketuntasan individu yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) juga meningkat dari siklus I sebanyak 24 siswa menjadi 30 siswa pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 34 siswa atau seluruh siswa sudah mencapai nilai KKM. Sehingga dapat dikatakan bahwa peningkatan prosentase ketuntasan individu pada Siklus I sebesar 70,58 % siswa yang telah mencapai ketuntasan atau mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), menjadi 100% siswa yang tuntas pada siklus III.

Media pembelajaran merupakan bagian yang sangat penting dari pembelajaran sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi lebih bermutu. Salah satu Media pembelajaran yang relevan pada era Covid – 19 ini adalah media power point. Media Power point dapat membantu peserta didik memahamai bahan ajar yang diberikan oleh guru dan aplikasi penilaian quizizz mampu meningkatkan minat belajar siswa dalam mengerjakan evaluasi harian terkait dengan materi. (*****)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.