Penerapan Protokol Kesehatan Pada Pembelajaran Luring di Masa Pandemi: Penggunaan Media Power Point Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri Sumberagung Tahun Pelajaran 2020/2021

OPINI

Oleh: Suyati, S.Pd.

SDN Sumberagung Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo Jawa Tengah

OPINI, Semua negara di dunia saat ini tengah berjuang untuk melawan dan meredam wabah virus Covit-19 yang sudah hampir satu tahun menyerang seluruh negara dibelahan dunia.Begitu juga dengan Indonesia juga tak lepas dari ancaman virus Covit-19.

Hal ini tentunya akan berdampak pada segala aspek kehidupan berbaangsa dan bernegara.Begitu juga dengan dunia pendidikan yang juga terkena dampak dengan adanya virus Covit-19.Dalam melaksanakan proses pembelajaran luring pada masa pandemic sekarang ini tentunya kita harus menerapkan protocol kesehatan yang ketat.

Tantangan terbesar dalam proses pembelajaran pada anak usia Sekolah Dasar adalah menciptakan hubungan yang nyata antara materi pelajaran dengan dunia nyata yang ada di sekitar mereka.Di era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan teknologi dan informatika sangat berperan dalam proses pembelajaran.

Guru memegang peranan yang sangat penting dalam pencapaian hasil belajar siswa yang baik. Penggunaan media pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang juga akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai siswa.

Penggunaan media pembelajaran media power point ini bertujuan untuk mengurangi verbalisme pada siswa.Penggunaan media pembelajaran yang tepat juga akan meningkatkan kreativitas dan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Dengan penggunaan media power point siswa akan lebih mudah memahami materi dan akan mencapai hasil belajar yang memuaskan.

Pada masa pandemi seperti sekarang ini guru dituntut untuk mampu menciptakan suasana pembelajaran yang dapat memancing keaktifan dan  kreativitas.salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan media pembelajaran yang akan membantu menguransgi verbalisme pada anak didik kita.

Penggunaan media pembelajaran yang tepat juga akan berpengaruh terhadap hail belajar siswa,Dalam melaksanakan pembelajaran luring ditengah pandemic sebagai pendidik kita harus selalu mengingatkan kepada peserta didik agar selalu mematuhi protocol kesehatan dengan cara memakai masker / faceshield, menjaga jarak dan sering mencuci tangan menggunakan sabun.

Untuk meningkatkan hasil belajar siswa banyak usaha yang dapat kita lakukan, salah satunya seperti yang dilaksanakan di SD Negeri Sumberagung Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo yaitu Penggunaan media power Point dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesis pada pembelajaran tematik kelas V .

Sebagai media, power point memiliki peran tinggi dalam membantu siswa menagkap materi. Penggunaan power point pada pembelajara di Sekolah Dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik yang masih berada pada tahap operasional konkret.Aspek power point yang sangat dominan dalam hal ini adalah visualnya.

Penggunaan power point dapat merangsang minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran karena tampilan slide dan gambar yang disajikan oleh guru sebagai isi materi.Hal ini memudahkan siswa untuk menangkap pelajaran, sehingga proses belajar menjadi lebih efektif.Selain itu hal ini membantu guru salam menghemat kata – kata dan waktu yang diperlukan untuk menjelaskan materi secara panjang lebar.

Pembelajaran efektif adalah pembelajaran dimana siswa memperoleh keterampilan – keterampilan spesifik, pengetahuan, dan sikap serat pembelajaran yang membuat siswa senang. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor eksternal yang didalamnya terdapat kurikulum dan fasilitas belajar.

Pembelajaran menggunakan media power point membawa dampak yang cukup signifikan bagi siswa terutama dalam hal pemahaman materi.

Kegunaan atau fungsi dari ms powerpoint adalah sebagai berikut :

1. Sarana untuk mempermudah sebuah presentasi.

2. Membuat sebuah presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat komputer.

3. Membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan cantik dengan dukungan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template/desain yang akan dipergunakan.

4. Mempermudah dalam membuat, mengatur dan mencetak berbagai slide.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap proses  pembelajaran siswa kelas V dapat disimpulkan bahwa pada kegiatan pembelajaran pra siklus dari17 siswa terdapat 6 anak ( 35,29 % ) siswa yang mendapat nilai mencapai KKM dan ada 11 siswa  ( 64,71 % ) siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM dengan nilai rata–rata pada kegiatan pra siklus adalah 60,00.

Pada pembelajaran siklus I peneliti menggunakan media power point untuk yang pertama kali dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dari 17 siswa terdapat 12 siswa ( 70,59 % ) yang mendapat nilai mencapai KKM dan 5 siswa ( 29,41 % ) yang mendapat nilai dibawah KKM.

Nilai rata – rata kelas pada pembelajaran siklus I juga mengalami peningkatan yaitu menjadi 76,24 . Sedangkan pada pembelajaran siklus II setelah peneliti menggunakan media power point untuk yang kedua kalinya hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 17 terdapat 17 siswa ( 100 % ) siswa mendapat nilai mencapai KKM.Nilai rata – rata kelas pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu menjadi 86,17.

Dengan demikian permasalahan yang diajukan dalam rumusan masalah dapat dibuktikan. Bahwa penggunaan media power point pada pembelajaran tematik kelas V SDN Sumberagung dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. (Red)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.