Membuka Tirai Kebenaran

Budaya Adalah Roh Bangsa Perlunya Untuk Kita Pertahankan

2 min read

Oleh :BRM. Kusumo Putro SH.MH

OPINI, Menentukan Masa Depan Bangsa, sebagai ilustrasi bukti bahwa Budaya merupakan hasil peradaban bangsa bukan berupa hasil bangunan fisik, akan tetapi merupakan bangunan nilai-nilai yang disepakati menjadi landasan yang berlaku secara universal bagi berbagai suku bangsa yang berbeda yang hidup di bumi Nusantara .

Uraian dibawah ini harus dirangkum sebagai pengantar menjawab Pancasila yang lahir dari interaksi kultural yang berlangsung ribuan tahun lalu jika , mengetahui sejarah panjang lahirnya Pancasila yang singkatnya digali dari nilai-nilai luhur budaya bangsa. Kebudayaan itu adalah “Roh” suatu bangsa, merupakan inti Jati Diri Bangsa, demikian dikatakan oleh pakar sejarah .

Sehingga secara singkat dapat dikatakan bahwa Pancasila yang digali dari nilai-nilai luhur budaya bangsa merupakan Jatidiri bangsa. Tinggi rendahnya martabat bangsa sangat ditentukan oleh tinggi rendahnya budaya suatu bangsa. Budaya bangsa memberikan ciri dan identitas bangsa yang bersangkutan, memberikan ciri khas bangsa, yang secara nasional.

Dengan demikian Jatidiri Bangsa Indonesia haruslah mencerminkan lima nilai dari sila Pancasila. Dalam tulisan berikut ini secara singkat diuraikan pertama tentang terjadinya, interaksi kultural antar etnis/suku yang berbeda berlangsung selama ribuan tahun diatas bumi Nusantara.

Dari keberagaman adat istiadat budaya, terdapat kesamaan nilai-nilai utama yang mampu merajut kebersamaan dari ratusan budaya etnis yang berbeda, berkesamaan dalam lima nilai Pancasila itu sendiri untuk menghadapi masa depan .

Maka jadilah patriot patriot yang berjuang untuk mempertahankan budaya dan menjaga budaya kita, dengan segenap jiwa raga dan janganlah takut darahmu menetes mengalir membasahi bumi untuk mempertahankan budaya kita sendiri, ingat perjuangan pendahulu dengan begitu susah payahnya. Janganlah engkau menjadi pecundang di Negeri sendiri . (***)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.