Membuka Tirai Kebenaran

Desa Pandak Menuju Desa Inovasi Mandiri, Wisata Religi Makam Syech Hasan Munadi Arya Pangiri Jadi Unggulan

2 min read
Makam Syech Hasan Munadi Arya Pangiri

LintasIndoNews.com, Sragen — Sebagai Desa yang selalu komitmen di bidang pembangunan, Desa Pandak Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen yang di pimpin Joko Suwanto kini menggeliat pembangunan dimana-mana.

Tampak Makam Yang sudah di rehab

Masyarakat kini bisa tersenyum lega, bila dulu pembangunan masih terbatas kini mengular cantik di setiap penjuru kampung. Inilah hasil besutan sang Kades bersama para tokoh masyarakat, dari RT hingga RW, Lembaga Desa semua ikut andil dalam pembangunan.

Joko Suwanto kades Pandak

Wajar jika pembangunan baik Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) terserap begitu masif dan tersalurkan dengan transparan dan akuntabel. Seperti mengacu pada permintaan Pemerintah ke depan penggunaan dana desa tidak hanya urusan infrastruktur saja, tetapi mulai digeser sedikit ke pemberdayaan ekonomi masyarakat desa dan inovasi-inovasi desa.

Untuk itu saat ini Desa Pandak telah membuat kantor BUMDes guna menambah Pendapatan Asli Desa (PAD), yang sumbernya dari ADD dan DD. Meliputi usaha jasa pembayaran listrik, tabungan Bank serta pengiriman uang. Selain itu pemberdayaan ternak lele sebanyak 12 kolam dengan benih 4 ribu hingga total 48 ribu, simpan pinjam uang, pembuatan pakan ternak, serta mengenalkan Wisata Reliji Makam Syech Hasan Munadi Arya Pangiri yang terletak di dukuh Joho tepatnya di belakang rumah Sang Kades Joko Suwanto.

Saat di konfirmasi Joko Suwanto menyampaikan keberadaan malam yang sangat di percaya masyarakat Jawa, jika berdo’a di lokasi ini memohon kepada Tuhan YME bisa terkabul, asalkan di sertai usaha.

” Ada seorang Habib yang tinggal di Malang, yakni Habib Anis rajin mengunjungi makam ini, beliau bersama para santrinya sering berziarah, bisa di katakan setiap Tri lapan sekali, ” terang Kades bersahaja ini di lokasi makam. (Wanto)

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.