Desa Sambi Antisipasi PMK, Intensifkan Vaksinasi Sapi

LINTASINDONEWS.COM – SRAGEN, Dinas Peternakan dan Perikanan Sragen akan kembali menggelar vaksinasi penyakit mulut dan kuku pada Kamis (11/8/2022), Sasarannya kali ini adalah sapi milik para penduduk.

Kades bersama muspika dan tim medis

Dalam pantauan media lintasindo, vaksin di desa sambi kecamatan Sambirejo kabupaten Sragen provinsi Jawa tengah berjalan lancar, vaksinasi di desa sambi memiliki target sekitar seratus sapi.

Lihat juga YouTube link di bawah ini:

https://youtu.be/yA32QP6tV_Q

Perlu di ketahui, Penyebab penularan Penyakit Mulut dan kuku yang biasa di singkat PMK melalui beberapa cara seperti kontak langsung antar hewan, melalui sisa makanan atau sampah yang sudah terkontaminasi PML, tersebar melalui udara, kendaraan, peralatan, alas kandang, hingga barang-barang yang dikenakan manusia.

Saat memberi arahan kepada warga pemilik sapi

PMK Sendiri adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular. Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah/genap, seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba termasuk juga hewan liar seperti gajah, rusa dan sebagainya

Tujuan dari vaksinasi intinya untuk memberikan kekebalan (antibodi) pada ternak sehingga dapat melawan antigen atau mikro-organisme penyebab penyakit.

 

Kontributor: Sriyadi

Gambar hanya ilustrasi pemanis berita (red)
SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *