Perumda Air Minum Tirto Negoro Sragen Bangun Pipa Transmisi dan Distribusi di Kecamatan Tangen dan Jenar

OTONOMI DAERAH SERBA SERBI

SRAGEN, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirto Negoro Kabupaten Sragen, tahun 2021 ini fokus memberikan bantuan pelayanan di kecamatan Tangen dan Jenar.

Selama ini di dua kecamatan itu dikenal sebagai langganan tetap kekeringan setiap tahun bila musim kemarau tiba. Sebab di dua wilayah kecamatan tersebut belum tersentuh jaringan dan pelayanan air bersih Perumda Air Minum.

Supardi selaku Direktur Utama Perumda Air Minum Tirto Negoro Sragen memaparkan, 2000 sambungan rumah di dua kecamatan yaitu Tangen dan Jenar akan segera terpasang.

Untuk mempercepat pekerjaan dimaksud melalui Perumda Air Minum Tirto Negoro menggelontorkan anggaran sebesar 6,8 miliar yang berasal dari dana pinjaman perbankkan.

“Tahun 2022 ini untuk pelayanan air bersih di Tangen dan Jenar dikerjakan secara bertahap. Ini sudah diawali sejak tahun 2018 silam dan diharapkan tahun 2021 sebelum lebaran warga masyarakat sudah bisa menikmati pelayanan air bersih, “kata Supardi

Selanjutnya Supardi menjelaskan, tahapan pekerjaan yang dilakukan Pertama menyiapkan sumur di Desa Banaran Kecamatan Sambungmacan. Semua ini dilakukan karena di Tangen dan Jenar tidak memungkinkan dibangun sumur.

Menurutnya, penyebabnya tidak sumber mata air yang cukup memadai. Untuk pembangunan sumur ini sempat terkendala karena keterbatasan dana akibat pandemi Vovid-19. Tapi terbantu Oasen NV dari Belanda.

“Kami dapat bantuan pipa sepanjang 10 kilometer pada november 2020.Pipa bantuan itu sudah seledai terpasang, ” Jelas Supardi.

Di Kecamatan Jenar saat ini sudah ada 230 Sambungan Rumah (SR) terealisasi dengan sistim jaringan langsung. Yakni meliputi Desa Jenar, Dawung, Japoh dan Mlale. Rencana selanjutnya nanti untuk Desa Kandangsapi namun saat ini belum bisa terlayani .

Kemudian Supardi. menyampaikan, pada tahun 2021 ini Perumda Air Minum Tirto Negoro akan membangun jaringan pipa transmisi dan dustribusi untuk wilayah Kecamatan Tangen.

Pada akhir tahun 2020 telah mendapat bantuan pipa sepanjang 1.500 meter dan target pengerjaan harus selesai sebelum lebaran tahun 2021 ini.

Sedangkan pendanaan bantuan pipa dari Oasen 1,5 kilometer dan PDAM sendiri menambah pipa sepanjang 3 kilometer.

” Target pengerjaan ini harus selesai sebelum lebaran,” Terang Supardi dengan tegas.

Calon Bupati Sragen terpilih yang siap di lantik dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat dikonfirmasi menjelaskan, Dalam percepatan pekerjaan pemasangan pipa transmisi dan distribusi, Perusahaan Umum Daerah PDAM Tirto Negoro Sragen mengajukan pinjaman ke bank Jateng Rp. 6,8 miliar.

“Sekali lagi hal ini dilakukan untuk percepatan penyelesaian pekerjaan. Pada pengajuan pertama dengan bunga 10 persen, namun setelah dilakukan negoisasi dengan bank Jateng dan berhasil. Disepakati kedua belah pihak dengan bunga 8 persen untuk 3 tahun angsuran. Kami rasa Perusahaan Umum Daerah bersama PDAM Tirto Negoro cukup mampu menyelesaikan tanggung jawabnya ke bank Jateng, ” Ungkap Yuni. (Agus Sulis)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.