SDN 1 Simo Kradenan di Pandemi Covid -19 Ini, Terapkan Belajar Guru Keliling

PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI

 

GROBOGAN, DI saat pandemi COVID-19 telah memaksa terjadinya hal yang tidak bayangkan sebelumnya yaitu kelas-kelas daring menggantikan proses belajar konvensional tatap muka.

Ketika memindahkan kelas untuk diajar sepenuhnya secara daring, pihak pendidikan mendapatkan banyak pelajaran terkait bagaimana mempertahankan keterlibatan dan interaksi siswa yang sudah susah payah untuk bangun.

Hingga muncul spekulasi di dunia pendidikan, dalam mengejar kurikulum mata pelajaran, meski tidak maksal. Untuk itu menawarkan tiga strategi yang dapat digunakan oleh para tenaga pendidik untuk menciptakan pembelajaran daring yang menarik di tengah pandemi COVID-19.

Ketika murid dan guru terpisahkan oleh jarak, menciptakan hubungan antara keduanya menjadi hal yang semakin penting.

Untuk itu Kasek SDN 1 Simo Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Sugiman, SPd saat di konfirmasi di ruang kerjanya, menyatakan memiliki beberapa opsi, yakni sekolah tetap di buka meski murid tidak bisa hadir di sekolah untuk tatap muka.

“Sekolah tetap di buka seperti biasa, namun tetap menjalankan protokol kesehatan, ” Ujarnya.

Selanjutnya, Sugiman juga memberi asupan belajar dengan sistem guru keliling (guling), dengan kehadiran guru ke rumah-rumah siswa dengan cara berkelompok.

“Guru keliling datang rumah siswa berkelompok, namun tetap di batasi serta menjalankan protokol kesehatan, ” Jelasnya.

Lebih jauh, dia juga mengatakan untuk letak geografis meski di desa jaringan internet cukup bagus hingga tidak ada kendala dalam belajar daring.

“Orang tua wali murid di sini sudah memiliki kesadaran, hingga rela menyediakan HP android untuk anak-anaknya, ” Tukasnya mengakhiri perbincangan. (Red)

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.