Membuka Tirai Kebenaran

Desa Tempelrejo Unggulkan Produksi Kerajinan Bambu

2 min read
Kantor desa tempelrejo

LintasIndoNews.com | Sragen — Manfaat bambu dalam berbagai bidang cukup banyak digunakan di Indonesia, bahkan sering kita kenal yang disebut bambu runcing. Pasti kita tidak pernah menjumpai pohon bambu. Jika kita pergi ke gunung atau perbukitan tentu saja ada tanaman bambu yang berjajar rapi. Bambu juga bisa dijumpai di pekarangan rumah jika Anda menanam pohon bambu sendiri. Bambu Kuning, bambu legi, bambu apus, cocok untuk memperhias halaman rumah penduduk.

Melihat potensi ini Desa Tempelrejo Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen, saat bincang-bincang dengan Sekdes Tempelrejo Muhammad Nuryanto berharap kedepan desa Tempelrejo bisa mengandalkan potensi bambu. Menurutnya produksi bambu seperti hasil kerajinan dapur maupun dinding bambu (gedhek) sudah melegenda sejak nenek moyang desa Tempelrejo.

Mengingat akan mudahnya pohon bambu tumbuh, Nuryanto berpendapat jika di kembangkan akan mampu menjadi komoditas yang besar, meskipun kerajinan bambu harus bersaing dengan produksi pabrikan.

” Semoga masih ada generasi penerus yang akan memproduksi kerajinan bambu, seperti membuat tampah, tumbu, kepang, caping maupun kerajinan lainnya, jika di kemas dengan nilai seni yang tinggi berani bersaing dengan produk pabrikan, ” Jelas Sekdes yang ramah ini.

Jika melihat manfaat bambu, penduduk tempo dulu rumahpun masih berasal dari dinding bambu. Dinding seperti ini berasal dari pohon bambu yang lebih besar di bagian pangkal sebagai kaso. Bambu disini juga merupakan sumber bahan bangunan yang banyak terdapat di Indonesia dan dapat diakses. Dari sekitar 1.250 jenis bambu di Dunia, 140 jenis atau 11% berasal dari Indonesia. Bangunan berbahan bambu memiliki ketahanan terhadap gempa guncangan. Namun, hal ini kurang diterapkan oleh masyarakat yang menggunakan ruang di daerah yang rawan bencana.

Ternyata banyak sekali Manfaat pohon bambu untuk kehidupan manusia. Bagi yang memiliki pekarangan rumah yang cukup luas, maka tidak ada salahnya jika membudidayakan pohon bambu sendiri di rumah. Selain bisa digunakan untuk konsumsi dan bahan kerajinan, bambu juga bisa bermanfaat untuk mempercantik halaman rumah. Itulah sekilas wajah desa Tempelrejo yang selalu Damai dan guyub rukun. (Wanto/Harpo)

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.