Membuka Tirai Kebenaran

Tingkatkan Ekonomi Warga, Desa Sono Miliki Konsep Bina UKM

2 min read
Kades Sono Parjiyo

LintasIndoNews.com| Sragen — UKM (Usaha Kecil Menengah) Mengusung Konsep Bisnis Komunitas. Mempelajari kondisi tersebut, maka tak lepas daripada konsep usaha atau bisnis yang diusung oleh masing-masing penggiat bisnis maupun komunitas bisnis sebagai naungannya. Diketahui di beberapa wilayah, UKM bahkan merupakan satu pondasi kuat sebagai penopang ekonomi Masyarakat.

Lokasi produksi jahit busana desa sono

unit-unit usaha tradisional, yang disatu sisi dapat dibangun dan beroperasi hanya dengan modal kerja dan modal investasi kecil dan tanpa perlu menerapkan system organisasi dan manajemen modern yang kompleks dan mahal, seperti diusaha-usaha modern dan di sisi lain berbeda dengan usaha menengah, usaha kecil pada umumnya membuat barang-barang konsumsi sederhana untuk kebutuhan kelompok masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Ketua PKK sekaligus pembimbing UKM desa sono

Mengingat atas dasar itulah, kini Desa Sono Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen yang di bina Parjiyo beserta sang Istri selaku ketua PKK, intensifkan usaha di bidang garment, melayani borong jahit busana dari anak-anak hingga dewasa.

Dalam pantauan tim Media Lintas Indo, di kediamannya nampak aktifitas jahit menjahit bersama warga sekitar yang di utamakan, bisa bekerja sekaligus berlatih di bidang jahit busana. Menurut Parjiyo kini masyarakat sudah bisa merasakan pemasukan dari Rp.100 ribu hingga Rp.200 ribu rupiah setiap hari.

” Kini ada manfaatnya dan masyarakat bisa langsung menikmati hasilnya, kebanyakan para ibu rumah tangga yang bisa, membantu suami mengais rejeki, “ujar dia.

Susunan pengurus komunitas UKM ini sudah terbentuk, yakni Usaha Peningkatan Keluarga Sejahtera (UPKS) dengan nama “Sri Rejeki” Yang berarti keberuntungan dalam mengais rejeki.

Itulah sekilas aktifitas kegiatan masyarakat desa sono, dalam meniti peningkatan di bidang pemberdayaan, dengan meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya perekonomian warga. (Wanto)

Editor: Rian

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.