IKM Sawago 3 Oemah Djowo Galeri dan Resto Karanganyar Sudah di resmikan

LINTASINDONEWS.COM – KARANGANYAR, Sanggar wayang Gogon kini ada tiga tempat, Sanggar Wayang Gogon 1 berada di jalan Halilintar nomor 140 RT 3 RW 10 Kentingan Jebres Surakarta. Untuk Sanggar Wayang Gogon 2 berada di jalan Nyi Ageng Mojo, Surakarta.

Sementara Sanggar wayang Gogon 3 baru di resmikan pada hari Minggu 18 September 2022 sejak pukul 19 tepat hingga selesai acara.

Lihat juga YouTube link di bawah ini 👇:

https://youtu.be/5ONqqfUUTJA

Dengan tema launching IKM Sawago 3 Oemah Djowo galery dan resto karanganyar. Bertempat di jalan jendral Gatot Subroto nomer 160 bumi Saraswati, desa gaum kecamatan tasikmadu kabupaten Karanganyar provinsi Jawa tengah.

Oemah Djowo galeri dan resto sendiri adalah badan usaha milik desa (BUMDES) desa gaum, yang berdiri di atas tanah seluas 2000 meter persegi. Kini Bumdes ini memiliki tenaga kerja sebanyak 16 orang.

Dalan Peresmian penandatanganan prasasti oleh Walikota Surakarta & Bupati Karanganyar, dengan menyuguhkan Penampilan Dalang Ki Anggono Hardosiswoyo, dari Manyaran Wonogiri Lakon Murwokolo.

Di pilihnya lakon Murwokolo dalam pewayangan ini dengan maksud agar mengenal atau tahu asal mula terjadinya sumber bencana. Murwokolo juga disebut Murbhakala yang dimaksudkan adalah upaya mengendalikan nafsu agar tidak terkena bencana atau mensiasati bencana.

Kemudian pagelaran wayang kulit semalam suntuk ini, di dukung Karawitan dari
Janur kuning budaya Ngalasan brujul Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar pimpinan Drs. Wagiyo Ahmad Nugroho, MH.

Sejarah singkat dari Nama pengrajin wayang yang memproduksi kerajinan tradisi yang membidangi khususnya wayang kulit purwa ini, terinspirasi dari panggilan nama sehari-hari bagi pendiri yakni Margono Sarjana Seni, berawal dari para rekan sejawat maupun para mahasiswa semasa masih studi di STSI surakarta pada jurusan pedalangan, panggilan akrabnya dijadikan sebuah nama dalam usaha produksi wayang kulit.

Hadir dalam acara tersebut Kementrian Perindustrian RI, kementrian Pemuda dan Olahraga RI yang di wakili Doktor Dokterandes Samsudin, SH M.Pd, Bupati Karanganyar Dokterandes Haji Juliatmono, MM, Kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta, Muspika setempat.

Hadir pula Kepala Desa Gaum beserta jajaran, Jajaran Bumdes Desa Gaum, Para Tokoh Masyarakat dan DPD Ormas Sapujagad Karanganyar.

 

Kontributor: Tim

SHARE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *